Home > Berita > Tanah Datar
Tanah Datar
Sistem Pelaporan Berubah dari Berbasis Kas ke Akrual
gosumbarcom_tyv4q_4418.jpg
Tercepat Sampaikan LKPD, BPK Puji Tanah Datar
Senin, 28 Maret 2016 23:19 WIB
PADANG – Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sumatera Barat Eldy Mustafa,SH,MH, pujikan kinerja Pemkab Tanah Datar. Kendati sistem pembuatan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berubah dari berbasis kas ke akrual, namun daerah berjuluk Luak Nan Tuo itu tetap yang tercepat.
Bupati Tanah Datar Bezuk Arisman
gosumbarcom_r7rgt_4346.jpg
BATUSANGKAR- Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bezuk Arisman (39 th) korban longsor yang terjadi beberapa hari lalu, Jum’at (25/3) di rumah keluarganya di jorong Galoga Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting.
gosumbarcom_tyuce_4308.jpg
PAYAKUMBUH - Babak penyisihan di kabupaten dan kota Irman Gusman Cup 2016 terus bergulir. Di Kota Payakumbuh terjadi hujan gol ketika kesebelasan Payakumbuh Barat melibas Payakumbuh Timur dengan skor telak 5-0. Sedangkan di Pesisir Selatan dan Tanah Datar ada pertandingan yang berakhir dengan adu pinalti.
gosumbarcom_nznzr_4276.jpg
TANAH DATAR- Musrenbang merupakan momen penting untuk mewujudkan pembangunan bersama. Dengan kebersamaan akan terwujud pembangunan yang menyeluruh dan berkeadilan.Sehingga Tanah Datar ke depan lebih maju dan masyarakat yang madani akan terwujud.
gosumbarcom_jx2ud_4255.jpg
TANAH DATAR- Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmidi berupaya untuk men jadikan Kecamatan Tanjung Baru sebagai sentra ternak kambing dan pengembangannya akan dilakukan ke seluruh wilayah di Tanah Datar. Hal tersebut tersebut terungkap ketika melakukan kunjungan kerja ke Tanjung Baru, serta dalam sambutannya, ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) Kecamatan Tanjung Baru, di Gedung Serbaguna Kantor Camat setempat, Rabu (23/03).
gosumbarcom_eudkk_4254.jpg
TANAH DATAR - Pertandingan penyisihan Irman Gusman Cup (IGC) 2016 terus dilaksanakan panitia daerah kabupaten dan kota di Sumbar. Pertandingan sendiri berjalan menarik dan ada kalanya pertandingan harus diakhiri dengan adu pinalti.
Silatnas ke-3 Ikatan Keluarga Pangian Raya (IKPR) Kota Pekanbaru
gosumbarcom_tzhuu_4228.jpg
PEKANBARU- Ketua Panitia Markarius Anwar ST, MSc ucapkan terima kasih pada wakil wali kota Pekan Baru dan Wakil Bupati Tanah Datar yang berkenan hadir pada acara penutupan silatnas ke 3 ini, sekaligus pengukuhan pengurus IKPR periode 2016-2019 dan pembentukan panitia pembangunan masjid Al-Qubra pangian di Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru, Sabtu malam (19/3).
gosumbarcom_p2tdy_4178.jpg
TANAH DATAR- Menjelang Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) Sumatera Barat tahun 2016 di Padang yang dijadwalkan Desember tahun ini, Lemkari Tanah Datar semakin  berbenah dan   bersiap diri. 
gosumbarcom_tbrtk_4167.jpg
PAINAN - Lanjutan babak penyisihan turnamen sepakbola Irman Gusman Cup 2016, semakin seru. Dari babak penyisihan di Kabupaten Pesisir Selatan dilaporkan Kesebelasan Kecamatan Koto XI Tarusan menang telak 9-0 atas kecamatan Bayang Utara di Stadion H. Ilyas Yacub, Painan.
gosumbarcom_9xuqw_4140.jpg
BATU SANGKAR - Kerajaan Minangkabau Pagaruyung, menegaskan, Gelar Tuanku Paduko Marajo Basa dianugerahkan kepada Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, bukan tanpa alasan. Irwan Prayitno dinilai sukses selama berkarir, baik di lembaga legislatif maupun semasa menjabat Gubernur Sumbar.
gosumbarcom_ebupu_4135.jpg
BATU SANGKAR - Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno Dt Rajo Bandaro Basa, remsi dianugerahi gelar kebangsawan Tuanku Paduko Marajo Basa dari Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Pagaruyung Sutan M Taufiq Taib, Minggu (20/3/2016). Acara penganugerahan berlangsung di Istana Silinduang Bulan, Batu Sangkar, Tanah Datar. Bersama Gubernur juga dianugerahkan gelar bangsawan kepada Ny. Nevi Irwan Prayitno dengan gelar Puan Puti Intan Baiduri.
gosumbarcom_wcjne_4116.jpg
BATUSANGKAR - Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno Dt Rajo Bandaro Basa, remsi dianugerahi gelar kebangsawan Tuanku Paduko Marajo Basa dari Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Pagaruyung Sutan M Taufiq Taib, Minggu (20/3/2016)
gosumbarcom_cedx8_4112.jpg
BATUSANGKAR - Istano Pagaruyung Batu Sangkar Kabupaten Tanah Datar, Minggu (20/3/2016) baralek gadang. Acaranya, yakni penobatan gelas sangsako untuk Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno yang diberi gelar Tuanku Besar Maharajo Kuaso.
gosumbarcom_5pmzy_4085.jpg
PADANG - Perantau Nagari Pangian, Kecamatan Lintaubuo, Kabupaten Tanahdatar menggelar silaturahmi nasional Ikatan Keluarga Pangian Raya (IKPR) di Pekanbaru, hari ini (18/3/2016) hingga Minggu (20/3/2016). Selain perantau dari berbagai daerah di Indonesia, acara ini juga diikuti perantau Malaysia.
gosumbarcom_cm7hc_3967.jpg
PADANG - Rencana pemberian gelar sangsako adat Pagaruyung, Batusangkar kepada Irwan Prayitno (Gubernur Sumbar), mendapat protes dari Sultan Muchdan Taher Bakrie, pewaris tahta Rajo Alam Pagaruyung. Dia menilai, pesta adat yang dijadwalkan berlangsung pada hari Sabtu (19/3/2016) itu dilakukan oleh orang yang tidak jelas asal-usulnya.
gosumbarcom_nfgux_3811.jpg
TANAH DATAR -Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma lakukan kujungan kerja ke Kecamatan Lima Kaum, Kamis (10/3) di Gedung Pertemuan Dt Parpatiah Nan Sabatang. Kegiatan ini berbarengan dengan Musrenbang Kecamatan Lima Kaum.
Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dimulai
gosumbarcom_es798_3810.jpg
Irdinansyah : Basamo Mako Manjadi !
Jum'at, 11 Maret 2016 13:26 WIB
TANAH DATAR-Bupati Tanah Datar Irdinansyah ajak masyarakat bahu membahu membangun Kabupaten Tanah Datar. “Basamo mako manjadi”, ungkap Irdinansyah saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Lintau Buo Utara, Kamis (10/3) di halaman kantor camat.
gosumbarcom_sejme_3728.jpg
PADANG - Kunjungan wisatawan dari Tiongkok ke Sumatera Barat mulai memberikan angin baru bagi dunia pariwisata di Ranah Minang (Sumatare Barat). Bahkan, beberapa biro perjalanan di Sumbar sudah mendapat paket tour wisata dari kunjungan turis asal Tiongkok. Ini menandakan, turis asal negeri Tirai Bambu ini sudah mulai berminat menikmati keindahan alam, melihat budaya dan mencoba kuliner Ranah Minang.
gosumbarcom_h8qge_3621.jpg
TANAH DATAR - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (5/23/2016). Dalam kesempatan ini gubernur meresmikan pemakaian Jembatan Rajo Mantari, Kantor KAN Tigo Jangko, serta peresmian RTH Pagaruyung dan Puskesmas Rawat Inap di Nagari Tigo Jangko Kabupaten Tanah Datar.
gosumbarcom_rzgz4_3403.jpg
PADANG - Turnamen sepakbola antar kecamatan di Sumbar, Irman Gusman Cup, merupakan turnamen penuh mimpi dan bertabur hadiah. Tak hanya kepada pemain dan tim juara yang dapat hadiah, panitia pelaksana dari Sparten Enterprise, juga memberikan hadiah kepada penton terbaik dan kepada media/wartawan yang meliput selama pelaksanaan turnamen.
gosumbarcom_zsnub_3378.jpg
BATU SANGKAR - Rumah Gadang Siti Fatimah di Jorong Nagari, Nagari Sumpu, Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar, bisa digunakan lagi. Rumah gadang yang dibangun setahun yang lalu ini, resmi dinaiki dalam sebuah prosesi adat yang juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Sabtu (27/2/2016).
gosumbarcom_5fjwl_3352.jpg
PADANG - Trophy bergilir Irman Gusman Cup, turnamen terbesar dalam sejarah persepakbolaan di Sumatera Barat, akan tiba di Padang. “Dan dipastikan akan dipajang saat pembukaan turnamen,” kata Tria Suprajeni, Ketua Umum Panitia.
Jumat Bersih Potong Kambing
gosumbarcom_xbyxy_3294.jpg
TNI dan Warga Goro Bersihkan Luak Nan Tigo
Rabu, 24 Februari 2016 21:43 WIB
PAGARUYUNG-Nagari Pagaruyung memiliki banyak bukti sejarah yang perlu dijaga dan dilestarikan, seperti halnya Istano Basa Pagaruyung, Istano Silinduang Bulan, Batu Basurek, Ustano Rajo yang dihiasi rindangnya tiga pohon beringin besar yang berdiri kokoh sebagai pelambang tiga raja di Pagaruyung, yaitu Rajo Alam, Rajo Adat dan Rajo Ibadat.
gosumbarcom_6zsne_3142.jpg
PADANG - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mendapat gelar sangsako dari Istano Pagaruyung, Tanah Datar, Sumbar. Hal tersebut disampaikan oleh Sutan Taufiq Thaib, selaku perwakilan dari Istano Pagaruyuang saat menemui Irwan Prayitno di ruang kerjanya, Jumat (19/02/2016), yang juga dihadiri oleh Asisten II Setda Provinsi Sumatera Barat Syafrudin dan perwakilan dari Istano Pagaruyuang lainnya.
Catatan Yang Tercecer
gosumbarcom_e8dfc_3115.jpg
PADANG - Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno melantik secara resmi 12 pasangan kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada Sumbar 2015 di Auditorium Gubernuran Sumbar, Rabu (17/2/2016) lalu. Para kepala daerah akan menduduki jabatan periode 2016-2021.
gosumbarcom_qfghc_3049.jpg
PADANG - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu pagi (17/2/2016), akan melantik 12 pasangan kepala daerah (bupati/walikota) terpilih dalam Pilkada 2015 di Sumbar. Sedangkan khusuan paslon Bupati/Wabup Solok (Muzni Zakaria-Abdul Rahman) Selatan dilantik dalam Gelombang II. 
gosumbarcom_lz4sk_2918.jpg
TANAH DATAR - Tanpa diduga, sebuah batang pohon perindang taman yang terletak di Komplek Benteng Van Der Capellen Batusangkar tumbang ketika kawasan ini diterpa angin kencang, Kamis 11 Februari 2016 sekira pukul 15.40 WIB.
gosumbarcom_h7sce_2578.jpg
Jembatan Padang Toreh Sangat Mengkuatirkan
Selasa, 02 Februari 2016 13:05 WIB
TANAH DATAR-Kondisi jembatan Padang Toreh, Nagari Padang Gontiang, Kabupaten Tanah Datar yang melintasi sungai batang Selo semakin memprihatinkan dan sangat mengkuatirkan. Lantai jembatan yang terbuat dari kayu berbentuk balok sudah banyak yang lapuk dan copot, sehingga mengkuatirkan mengancam keselamatan bagi yang melewati jembatan berkerangka baja tersebut.
gosumbarcom_q7rez_2424.jpg
Dua Anggota PAW DPRD Tanah Datar Dilantik
Minggu, 31 Januari 2016 08:11 WIB
BATUSANGKAR - Bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Tanah Datar di Pagaruyung, DPRD Kabupaten Tanah Datar gelar Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka pengumuman pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil pada pemilukada tahun 2015 dan pengucapan sumpah/janji Pergantian Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar sisa masa jabatan 2014-2019, Kamis (28/1/2016).
Musik Alua Katontong Salah Satu Warisan Minang di Tanah Datar, Unik dan Perlu Dilestarikan, Mau Tahu?
SEBUAH pertunjukan musik nan unik salah satu warisan budaya Minangkabau, masih bertahan hingga kini. Alat musik yang menggunakan kayu dan batu dimainkan para orang tua yang diselingi dengan irama musik talempong khas Ranah Minang. Pertunjukan musik tradisional ini bernama alua katontong, kini masih bertahan di Kenagarian Padang Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.
gosumbarcom_pmsuv_1751.jpg
JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) sedang melakukan verifikasi berkas permohonan sengketa hasil Pilkada terhadap enam gugatan yang diajukan calon kepala daerah (cakada) di Sumatera Barat hingga 31 Desember 2015. Cakada dari Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Solok terancam tidak akan disidang oleh MK, karena tersangkut persoalan waktu pengajuan permohonan.
gosumbarcom_x4wzp_1508.jpg
BATUSANGKAR - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Datar, Drs. H . Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma memenangkan Pilkada setelah mengumpulkan 52.852 suara atau 37,62 persen setelah rekapitulasi formulir Model C1 yang telah ditetapkan oleh KPPS mencapai 99,01 persen.
PILKADA SUMBAR
gosumbarcom_wq3hh_1477.jpg
TANAH DATAR – Hasil perolehan suara sementara dalam Pilkada di Kabupaten Tanah Datar, memberikan kemenangan kepada pasangan calon petahana Irdinansyah Tarmizi (mantan Wakil Bupati Tanah Datar) yang berpasangan dengan Zuldafri Dharma. Dalam perhitungan sementara meraih perolehan suara terbanyak.
gosumbarcom_f6zqr_1202.jpg
TANAHDATAR, GOSUMBAR.COM - Meletusnya Gunung Marapi Sabtu 14 November 2015 pada pukul 22.33 WIB tadi malam menyisakan cerita tersendiri bagi para pendaki Gunung Marapi
gosumbarcom_wwqdn_1039.jpg
PADANG PANJANG, GOSUMBAR.COM – Diduga karena rem kendaraan tidak berfungsi dengan baik, sebuah truk dengan Nopol BK 8716 GM yang mengangkut pasir besi ini terguling dan menabrak 3 rumah warga di Jorong Bintungan, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar dekat batas Kota Padang Panjang, Jumat 30 Oktober 2015 sekitar pukul 23.30 WIB.
gosumbarcom_nsn6r_758.jpg
TANAH DATAR, GOSUMBAR.COM - Tiga pebalap dari Pishgaman Giant Team, Iran kembali membuktikan ketangguhan mereka pada etape 6 Tour de Singkarak (TdS) 2015 yang berlangsung hari ini, Kamis 8 Oktober 2015.
gosumbarcom_rvhzm_654.jpg
PADANG PANJANG, GOSUMBAR.COM - Seorang bocah warga Nagari Panyalaian Koto Tuo, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Nuzul Abdi (11), tewas tergilas truk milik PT Semen Padang bernomor polisi BM 9219 EU di jalan lintas Padang Panjang-Bulittinggi, Kamis (1/10) sore sekitar pukul 16.30 WIB.
gosumbarcom_mweqn_473.jpg
TANAHDATAR, GOSUMBAR.COM – Gelak ceria 10 siswa SMP Negeri 1 Sungaitarab, Tanahdatar yang sedang bermain bola kara di lapangan basket, seketika terhenti. Seorang pemain, Rahman (15), tiba-tiba tersungkur dan tak bangun-bangun lagi.
gosumbarcom_hwdpy_406.jpg
BATUSANGKAR, GOSUMBAR.COM - Sebagai perangkat nagari, WA mestinya jadi teladan bagi masyarakat kampungnya. Nyatanya ia malah berprilaku tak senonoh, berselingkuh dan menyebar foto porno selingkuhannya tersebut
gosumbarcom_hmb8l_353.jpg
TANAH DATAR, GOSUMBAR.COM - Tega benar. Nenek Nurhayati yang berumur 81 tahun dirampok, disekap dan diancam akan ditembak oleh tiga kawanan yang awalnya berpura-pura sebagai teman anak si nenek.
Dituntut Jaksa 10 Tahun, Divonis Hakim 12 Tahun
gosumbarcom_zjumh_317.jpg
BATUSANGKAR, GOSUMBAR.COM - Kelakuan ABG ini memang keterlaluan. Ia merampok rumah pamannya sendiri. Karena kepergok, ia menghajar sang paman dengan batu gilingan dan menikam dengan pisau dapur hingga tewas.
gosumbarcom_jjxpd_284.jpg
BATUSANGKAR, GOSUMBAR.COM - Sepanjang tahun 2015 ini, di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Tanah Datar mencatat, telah terjadi 35 kasus kekerasan terhadap anak di daerah itu.
gosumbarcom_zcfzq_181.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM Komisi Pilihan Umum (KPU) Sumbar mempersilahkan untuk pasangan bakal calon untuk mengajukan gugatan hukum atas keberatan mereka karena tidak diloloskan sebagai sebagai calon kepala daerah.
gosumbarcom_jef6b_167.jpg
TANAHDATAR, GOSUMBAR.COM — Sedikitnya belasan hektare lahan hutan lindung, Bukit Barisan yang berada dikawasan Jorong Tagopalange, Nagari Pangian, kecamatan Lintau Buo, Tanah Datar hangus terbakar sejak Minggu (23/8/2015) kemarin.
gosumbarcom_syxbd_165.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Hari ini, Senin (24/8), secara serentak KPU mengumumkan penetapan pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati yang berhak mengikuti Pilkada 9 Desember 2015. Ternyata, di Sumbar ada tiga pasangan calon yang gagal melaju ke Pilkada karena tak memenuhi persyaratan.
gosumbarcom_zuzkm_120.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla akan mengunjungi Sumatera Barat pada 23 hingga 24 Agustus 2015. JK akan berkunjung ke Padang, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Bukittinggi untuk meresmikan sejumlah proyek. Selain itu juga akan berkunjung ke kampung mertuanya di Lintau, Kabupaten Tanah Datar.
wwwwww