Loading...    
           
Home > Berita > Sumatera Barat
Sumatera Barat
gosumbarcom_kncks_867.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan masih menyelimuti beberapa kawasan di Sumatera Barat. Asap kiriman dari Sumatera Selatan dan Jambi tersebut menyebabkan kualitas udara di kawasan ini fluktuatif.
gosumbarcom_bdcus_857.jpg
JAKARTA, GOSUMBAR.COM - Perhelatan Tour de Singkarak (TDS) 2015 pada 3 sampai 11 Oktober lalu di Sumatera Barat memberikan dampak langsung terhadap perekonomian setempat.
gosumbarcom_fydtt_848.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Untuk menindaklanjuti pengaduan pencemaran nama baik yang dilaporkan calon gubernur Irwan Prayitno (IP), Kamis kemarin, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat membutuhkan ahli bahasa.
gosumbarcom_g5uf7_846.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ternyata paling kaya jenis ragam ular dibanding provinsi lain di Sumatera. Dari 157 jenis ular yang ada di Sumatera, sekitar 40 persennya ada di Sumbar.
gosumbarcom_mw2sg_839.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Calon Gubernur dari PKS, Irwan Prayitno melapor ke SPK Polda Sumbar atas dugaan pencemaran nama baiknya. IP didampingi pengurus Partai PKS dan Gerindra, serta relawan, Kamis (15/10), mendatangi Polda Sumbar.
gosumbarcom_pvrc6_828.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Pemulangan jamaah haji Debakarkasi Padang, berakhir Rabu (14/10/2015) setelah pesawat Garuda Indonesia yang membawa kloter 11 mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Pesawat tersebut mengangkut 410 jamaah dari Madinah dan mendarat di BIM pukul 04.17 WIB.
gosumbarcom_jen69_825.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Sibuk mencari nafkah di negeri orang, ternyata membuat warga Minang harus merelakan hilangnya hutan yang sudah terawat ribuan tahun di daerah sendiri. Saat ini, laju penggudulan hutan di Sumatera Barat sangat tinggi dan itu karena aksi ilegal logging dan ulah perusahaan.
gosumbarcom_8ky9z_822.jpg
Wisata Sumbar, Pesona Alam Saja Tidaklah Cukup
Rabu, 14 Oktober 2015 19:08 WIB
"ALAM Sumatera Barat diciptakan saat Tuhan tersenyum...." demikian seloroh mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar memuji keelokan alam Minangkabau.
Opini
gosumbarcom_t9vkn_798.jpg
'Diplomasi Minang' Bikin Jokowi Betah di Sumbar
Senin, 12 Oktober 2015 09:13 WIB
KEPIAWAIAN orang Minangkabau, Sumatera Barat, dalam berdiplomasi tidak perlu diragukan lagi. Sejumlah tokoh Nasional yang berasal dari Minang telah membuktikan itu. Sebutlah Muhammad Hatta, sang Proklamator RI. Tokoh yang dilahirkan di Bukittinggi, ini menjadi andalan Presiden Soekarno dalam berunding di kancah Internasional. Di dalam pemerintahan Indonesia sendiri, tokoh jenius yang berperawakan tenang ini tampil ‘’bak air tenang tapi menghanyutkan’’.
gosumbarcom_gqzfx_776.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Ketua Umum Kadin Sumatera Barat Asnawi Bahar mengatakan, kabut asap yang menyelimuti daerah ini berdampak pada perekonomian masyarakat.
gosumbarcom_7k4xc_764.jpg
PADANGPANJANG, GOSUMBAR.COM - Penasehat Sosio Budaya Kerajaan Malaysia Tan Sri Dato Seri Utama Dr.Rais Yatim luncurkan Buku Kamus Bahasa Minangkabau, di Gedung Hoeridjah Adam Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Sumatera Barat.
gosumbarcom_qc4a5_749.jpg
JAKARTA, GOSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana berangkat ke Sumatera dalam kunjungan kerja ke lokasi bencana asap dengan menggunakan pesawat Kepresidenan BBJ-2 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah.
gosumbarcom_ayxq2_747.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo telah tiba di Bandar Udara Internasional Minangkabau di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, siang ini, Kamis 8 Oktober 2015. Jokowi bersama Ibu Negara Iriana menggunakan pesawat Kepresidenan BBJ-2.
gosumbarcom_xpmwn_742.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Puji Atmoko, menyatakan, tingkat kesejahteraan petani di Sumbar dari Nilai Tukar Petani periode Maret-Juni 2015 berada di bawah rata-rata angka kesejahteraan nasional.
gosumbarcom_p6mfj_734.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) mengkhawatirkan para tenaga kerja di provinsi itu akan kalah bersaing dengan para pekerja asing dalam menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA) 2016.
gosumbarcom_mlpzs_715.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Kepala Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah X Prof Drs Ganefri MT PhD  mengatakan, Dirjen Dikti Kemendikbud telah menonaktifkan 22 perguruan tinggi swasta di wilayah itu karena dianggap tidak memenuhi standar perguruan tinggi.
gosumbarcom_byrvb_711.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat (Dinkes Sumbar) mencatat, pada minggu ke-38 tahun ini, sebanyak 3.114 kasus ISPA terjadi di sejumlah kabupaten/kota di daerah tersebut.
gosumbarcom_bybqc_707.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Perseroan Terbatas Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Padang mencatat jumlah investor saham di Sumbar mencapai 4.095 nasabah atau menjadi provinsi dengan jumlah investor terbesar ketujuh dengan rata-rata nilai transaksi saham mencapai sekitar Rp56 miliar.
gosumbarcom_hquhv_704.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Pengetahuan tentang investasi di pasar modal bagi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) saat ini terbilang masih minim. Hal tersebut tidak terlepas dari adat istiadat masyarakat minang yang cenderung menganut paham matrilineal.
Tour de Singkarak 2015
gosumbarcom_ds8ty_690.jpg
SOLOK, GOSUMBAR.COM - Pembalap Tanah Air, Aiman Cahyadi merebut dua jersey pada etape kedua Tour de Singkarak (TdS) 2015, Minggu 4 Oktober. Meski tak menjadi juara etape baru itu, namun Aiman berhak atas white jersey dan red white jersey usai menempuh rute dari Padang Pariman dan finis di Solok.
gosumbarcom_5vqkp_687.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Kartunis yang tinggal di Kota Padang Iggoy El Fitra menganggap, dalam kondisi kabut asap, tidak dimungkinkan untuk digelar iven berskala internasional. Bahkan, ia sempat merombak spanduk TdS, dengan menambahkan masker di wajah para pembalap.
gosumbarcom_dznvn_686.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Tak hanya itu, komik strip Si Bujang lainnya, bercerita si tokoh utama ini sedang menjadi penonton TdS 2015 yang dimulai pada 3 Oktober 2015. Di depan spanduk 'Tour de Singkarak 2015', Si Bujang nampak duduk melantai kelelahan karena menunggu para peserta lomba yang tak kunjung datang.
gosumbarcom_byhcr_685.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Penyelenggaraan ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2015 menarik perhatian Si Bujang, tokoh komik dari Minangkabau. Pasalnya, penyelenggara  tetap menggelar lomba balap tahunan ini di Sumatra Barat, meskipun hampir seluruh kabupaten/kota di daerah tersebut masih diselimuti kabut asap kiriman dari provinsi tetangga yang mengalami kebakaran hutan dan lahan.
gosumbarcom_pdh8q_684.jpg
JAKARTA, GOSUMBAR.COM - Rindu terhadap keluarga adalah salah satu konsekuensi yang harus dihadapi oleh artis yang membintangi sinetron, demikian pula yang dirasakan oleh Ammar Zoni, bintang sinetron ''Tujuh Manusia Harimau''.
KABA RANTAU
gosumbarcom_fc48n_677.jpg
APAKAH anda pernah menemukan orang minang yang sukses di daerah anda? Mungkin sebagian dari anda pernah menemukannya. Sejak dahulu orang minang memang telah dikenal sebagai perantau yang tangguh, mereka merantau ke seluruh pelosok tanah air bahkan tak sedikit dari mereka yang merantau hingga keluar negeri, kalau ada yang gagal mungkin saja bekalnya kurang dari kampung halamannya.
gosumbarcom_hksdh_672.jpg
GOSUMBAR.COM - Sehari jelang berlangsungnya perlombaaan Tour de Singkarak 2015, atau tepatnya Jumat 2 Oktober 2015, dua negara membatalkan keikutsertaannya.
gosumbarcom_c8wmy_652.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Panitia iven balap internasional Tour de Singkarak (TdS) 2015 menyatakan belum ada rencana menunda penyelenggaraan lomba tersebut.
gosumbarcom_x28ex_641.jpg
PADANGPARIAMAN, GOSUMBAR.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat Buya Syamsul Bahri Khatib memberikan tausiyah agama kepada ratusan jamaah Masjid Agung Syekh Burhanuddin guna memperingati enam tahun musibah gempa Sumbar.
gosumbarcom_yhu82_638.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkalga) yang jatuh pada Oktober ini ditandai dengan kembali dilanjutkannya pem­berian obat masal pencegahan (POMP) fila­riasis (kaki gajah) selama lima tahun ber­turut-turut, di sepuluh kabupaten/kota di Sum­bar yang termasuk daerah endemis filariasis.
gosumbarcom_5z67x_635.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar) telah membangun 30 shelter sebagai tempat berlindung jika terjadi bencana gempa yang berpotensi tsunami.
gosumbarcom_dpbcz_634.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - PT Pos Indonesia kantor cabang Padang, Sumatera Barat, menampung kiriman barang asal Pekanbaru menuju Jakarta akibat kabut asap di provinsi tetangga itu. Bahkan saat ini jumlah barang asal Pekanbaru lebih banyak dibandingkan Sumatera Barat.
gosumbarcom_g6yph_633.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Kapolisian daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) mengaku siap mengamankan lalu lintas sepanjang jalur yang dilalui pebalap yang akan bertanding dalam iven balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2015. Bahkan untuk jalur yang dilakukan, kepolisian akan menggunakan pengamaana berlapis.
gosumbarcom_nknct_632.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Pencari kerja (pencaker) tingkat sarjana di Sumatera Barat mencapai 16.824 orang. Salah satu penyebab tingginya angka sajana pengangguran ini adalah tidak seimbangnya angka pertumbuhan penduduk dengan pertumbuhan lapangan kerja.
gosumbarcom_fd5ep_631.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Untuk tahun ini ternyata tuan rumah Sumatera Barat tidak mempunyai wakil di ajang Tour de Singkarak 2015 yang akan digelar 3-11 Oktober 2015.
WISATA
gosumbarcom_yqbjk_616.jpg
BEBERAPA wilayah di Indonesia menjadi kesukaan turis asing untuk singgah dalam jangka waktu yang lama, termasuk di Padang, Sumatera Barat.
gosumbarcom_jwt2z_606.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Salma K Memed, memastikan belum ada jamaah haji asal Embarkasi Padang yang menjadi korban insiden Mina.
gosumbarcom_mhxy2_600.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Selain didera kabut asap, beberapa daerah di Sumbar kini juga dilanda kekeringan. Kesulitan air bersih, dan air untuk mengairi area pertanian menjadi keluhan masyarakat.
gosumbarcom_wne8h_588.jpg
Bahaya... 2.601 Orang Warga Sumbar Terkena Rabies
Sabtu, 26 September 2015 18:52 WIB
PADANG, GOSUMBAR.COM - Dalam rangka Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September 2015 mendatang, Dinas Kesehatan Sumatera Barat (Sumbar) merilis jumlah korban akibat rabies. Dan ternyata angkanya sangat mengejutkan.
gosumbarcom_zxdkb_584.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Sejumlah keluarga jamaah haji dari embarkasi Padang, Sumatra Barat (Sumbar) mengungkapkan kekhawatirannya tentang potensi tragedi kecelakaan yang menimbulkan korban ratusan Jamaah di Mina beberapa waktu lalu kembali terulang pada sisa ibadah ke depan.
PADANG, GOSUMBAR.COM - Komisi Pemilihan Umum Sumbar akan melakuklan verifikasi terhadap alat peraga kampanye (AKP) calon gubernur dan wakil gubernur yang dipasang oleh relawan maupun simpatisan masing-masing pasangan calon (paslon).
PADANG, GOSUMBAR.COM - Ribuan simpatisan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-Fauzi) akan menghadiri deklarasi tim pemenangan untuk Kota Padang. Deklarasi yang direncanakan awal Oktober, dipusatkan di Tiji Cafe yang sekaligus menjadi posko tim pemenangan.
gosumbarcom_3rg5d_552.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Batal berhari raya Idul Adha di Sumatera Barat (Sumbar), Presiden Jokowi tetap menunaikan rencananya untuk berkurban 1 ekor sapi di Padang.
gosumbarcom_te5wn_529.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengkhawatirkan tingginya angka golput pilkada serentak di Sumbar. Meminimalisir kemungkinan tersebut Ketua KPU RI Husni Kamil Manik mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya 9 Desember 2015 mendatang.
gosumbarcom_73abw_522.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite pada peluncuran hari pertama di Sumatera Barat (Sumbar) dinilai cukup memuaskan.
gosumbarcom_t982n_519.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Rencana kedatangan Presiden Joko Widodo pada tanggal 23 September 2015 ke Sumatera Barat (Sumbar) ternyata batal, karena ada pertimbangan beberapa hal.
gosumbarcom_f6pwh_518.jpg
SUMATERA Barat punya destinasi wisata yang lengkap. Tinggal pilih, mau menyelam, trekking, atau wisata kuliner. Kalau para turis ke Ranah Minang, ngapain saja ya biasanya?
gosumbarcom_uswmr_517.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - PT Pertamina (Persero) mengonfirmasi sebanyak delapan SPBU resmi menjual pertalite di Sumatra Barat mulai Senin, 21 September 2015.
gosumbarcom_d4k6w_516.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Pe­merintah Provinsi Sumbar mu­lai serius menyikapi ke­pungan kabut asap yang datang dari provinsi te­tang­ga. Untuk ini, DPRD Sum­bar mengaku, sudah sepakat dengan Gubernur, m­e­la­yang­kan surat resmi sebagai pro­tes ke pusat.
gosumbarcom_thxhg_514.jpg
Hendra Irwan Rahim: Sekarang Golkar Satu
Minggu, 20 September 2015 20:27 WIB
PADANG, GOSUMBAR.COM - Ketua DPD Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim menyatakan tak ada lagi perpecahan ataupun kader Golkar yang menyatakan masuk kubu Munas Bali atau Ancol. Saat ini, Golkar fokus para kader Partai Golkar membangun konsolidasi untuk keutuhan partai.
wwwwww