Home > Berita > Peristiwa
Peristiwa
NUSANTARA
gosumbarcom_st2fh_1072.jpg
MEDAN - - Seorang mantan anggota DPRD Padang Lawas, Sumatera Utara (Sumut) ditemukan tewas membusuk di kediamannya sendiri.
gosumbarcom_ju7eb_1063.jpg
PAINAN - Setidaknya 50 rumah di Kawasan Pantai Ujung Air, Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera Pessel nyaris runtuh diterjang air laut atau abrasi. Sedangkan satu unit rumah dan ratusan tanaman kelapa milik warga dipastikan sudah tumbang dikikis oleh air laut. Untuk mengurangi meluasnya dampak abrasi, Kelompok Siaga Bencana (KSB) Amping Parak berupaya membuat penahan ombak dengan bambu dan tumpukan karung berisikan pasir.
gosumbarcom_yj4hx_1053.jpg
JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) sangat prihatin melihat fenomena kasus polisi bunuh diri terus terjadi. Apalagi kasus bunuh diri itu terjadi di ibukota Jakarta atau di lingkungan Polda Metro Jaya.
gosumbarcom_h2nvh_1052.jpg
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan hari Ahad, 1 Novvember 2015 sebagai hari berkabung nasional, sebagai tanda duka atas jatuhnya Airbus A321 milik maskapai Metrojet di Sinai, Mesir, Sabtu, 31 Oktober 2015.
gosumbarcom_wahpe_1048.jpg
SOLOK SELATAN - Sebanyak 2 (dua) titik api Minggu pagi ini, 01 November 2015 terpantau di Provinsi Sumbar. Kedua titik api berada dalam kawasan Kabupaten Solok Selatan. Stasiun BMKG Global Atmosphere Watch (GAW) Kototabang, Agam mengingatkan Sumbar bagian selatan masih merasakan dampak kabut asap.
gosumbarcom_prmzm_1046.jpg
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Tingginya intensitas hujan sejak siang hingga sore tadi membuat jalan menuju Ngarai Sianok, tepatnya di Kelok Cindua Jalan Ngarai Binuang Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi amblas sepanjang lima meter dengan lebar sekitar tiga meter, Sabtu 31 Oktober 2015.
gosumbarcom_pyd7n_1043.jpg
MESIR - Tragedi jatuhnya pesawat milik maskapai penerbangan Rusia menambah daftar panjang kecelakaan moda angkutan udara ini. Pesawat jenis Airbus A-321 milik maskapai Rusia, Kogalymavia, yang jatuh di Semenanjung Sinai dilaporkan hancur, dan hampir seluruh penumpang dikhawatirkan tewas. Pernyataan tersebut disampaikan oleh pihak Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Mesir yang telah tiba di lokasi.
gosumbarcom_yccn8_1041.jpg
MESIR - Sebuah pesawat Rusia yang mengangkut lebih dari 200 orang penumpang jatuh di Sinai tengah, Kantor Perdana Menteri Mesir dalam siaran resminyanya, Sabtu, 31 Oktober 2015, menyebutkan, pesawat penumpang jenis Airbus A-321 baru saja lepas landas dari resor Sharm el-Sheikh di Laut Merah menuju St Petersburg, Rusia.
gosumbarcom_wwqdn_1039.jpg
PADANG PANJANG, GOSUMBAR.COM – Diduga karena rem kendaraan tidak berfungsi dengan baik, sebuah truk dengan Nopol BK 8716 GM yang mengangkut pasir besi ini terguling dan menabrak 3 rumah warga di Jorong Bintungan, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar dekat batas Kota Padang Panjang, Jumat 30 Oktober 2015 sekitar pukul 23.30 WIB.
gosumbarcom_vjybe_1036.jpg
SAROLANGUN, JAMBI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memenuhi janjinya untuk mengunjungi Suku Anak Dalam, di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Jumat, 30 Oktober 2015 sekitar pukul 15.30 WIB. Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana tiba di lapangan Desa Bukit Suban dengan menggunakan helikopter Superpuma didampingi dua helikopter Bell yang berangkat dari Bandar Udara Sultan Thaha Syarifuddin, Jambi.
gosumbarcom_rtaul_1034.jpg
PADANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Sumbar segera masuk bulan basah. Artinya, intensitas hujan akan semakin tinggi. Untuk itu, BMKG mengingatkan potensi banjir akan terjadi disertai dengan bahaya tanah longsor di daerah yang rawan banjir dan tanah longsor pada hari-hari mendatang.
gosumbarcom_nzwkc_1033.jpg
PADANG - Stasiun BMKG Global Atmosphere Watch (GAW) Kototabang, Kabupaten Agam, sejak pukul 06.00 WIB mencatat angka Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada level baik dengan angka PM10 dibawah 50 ug/m3. Angka ini didukung dengan semakin menurunnya titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera, Sabtu pagi, 31 Oktober 2015.
gosumbarcom_rjfnj_1029.jpg
PAYAKUMBUH, GOSUMBAR.COM - Seorang bandar narkotika jenis shabu-shabu serta tiga orang pengedar dan tiga tersangka pemakai lainnya diringkus oleh Satuan Reserse Narkotika Polres Payakumbuh, Jumat (30/10/2015).
gosumbarcom_35a8p_1027.jpg
AGAM, GOSUMBAR.COM — Mujur tak dapat diraih malang tak dapat ditolak, dua unit Rumah Gadang hangus dilalap api saat terjadi peristiwa kebakaran di Jorong Limo Suku, Nagari Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua pada Kamis (29/10/2015) kemarin malam, sekira pukul 21.30 WIB.
NUSANTARA
gosumbarcom_ghdk2_1023.jpg
BATAM - Seorang tamu Hotel Prima Asia, Jalan Nagoya 2000 Nomor 9-10, Kecamatan Lubukbaja, Batam, Kepri ditemukan tak bernyawa, Jumat (30/10/2015) siang sekitar pukul 14.30 WIB. Saat ditemukan, pria bernama Jaswir (50), asal Padang Panjang, Sumbar itu dalam kondisi telungkup tanpa busana di lantai kamar.
gosumbarcom_vlkme_1022.jpg
JAKARTA - Kepala Bidang Lingkungan dan Mitigasi Bencana Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Parwati Sofan menyebutkan, lebih dari 800.000 hektar hutan dan lahan terbakar di Sumatera yang dihitung dari 1 Juli hingga 20 Oktober 2015. Data ini dilansir kepada pers di Graha BNPB, Jakarta, pada Jumat, 30 Oktober 2015. Jumlah tersebut terbagi dalam kategori lahan gambut dan non gambut.
gosumbarcom_ugmqr_1021.jpg
PADANG -  Peringatan waspada dini akan potensi hujan disertai petir dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang. Peringatan ini dikeluarkan Jumat, 30 Oktober 2015 pukul 13.00 WIB yang menyebutkan sebagian wilayah Sumbar terutama kawasan pesisir rawan hujan petir.
gosumbarcom_zx68k_1016.jpg
AGAM - Sembilan unit rumah semi permanen rusak akibat puting beliung di Jorong Lubuk Alung, Kenagarian Bawan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis (29/10/2015) sekitar 17.15 WIB.
gosumbarcom_sneww_1015.jpg
AGAM - Stasiun Global Atmosphere Watch (GAW) BMKG Kototabang, Agam, pagi ini mencatat indek standar polusi udara (ISPU) dalam kategori sedang. Itu artinya terjadi peningkatak kualitas udara di Sumbar akibat turunnya hujan di berbagai daerah. Namun demikian, ada beberapa wilayah yang masih terkena dampak kabut asap.
gosumbarcom_6mrhw_1014.jpg
PONOROGO -Kebakaran hutan kembali menimbulkan korban jiwa. Sebanyak 4 orang meninggal dunia ketika memadamkan api yang membakar lahan hutan pinus milik PT Perhutani di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis, 29 Oktober 2015 sekitar pukul 12.00 WIB. Kebakaran hutan pinus milik Perhutani ini terjadi di Petak 49 yang terletak di Desa Ngilo-ilo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.
gosumbarcom_6qhxe_1012.jpg
Padang Panjang Digoyang Gempa 3,9 SR
Kamis, 29 Oktober 2015 18:16 WIB
PADANG PANJANG - Gempa 3,9 pada sekala Richter mengguncang Kota Padang Panjang, Kamis sore, 29 Oktober 2015.
gosumbarcom_68exe_1007.jpg
PADANG -Hujan yang turun di sebagian wilayah di Pulau Sumatera termasuk Sumbar, masih belum membuat kualitas udara membaik. Hasil pengukuran ISPU yang dilakukan Stasiun Global Atmosphere Watch (GAW) Kototabang, Agam, sejak pagi hingga pukul 10.00 WIB, Kamis, 29 Oktober 2015, kualitas udara masih tidak sehat.
gosumbarcom_tjktx_1001.jpg
AGAM -Hujan yang belum merata turun di seluruh wilayah Sumbar, membuat sebagian warga masih dihantui kabut asap. Monitoring ISPU di Stasiun GAW Kototabang, Agam memperlihatkan kondisi udara yang tidak sehat.
gosumbarcom_lz38v_1000.jpg
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Diduga mengalami sesak nafas, seorang siswi SMA di Kota Bukittinggi bernama Veni (16) dilarikan ke Posko Tanggap Darurat Kabut Asap yang terletak di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jalan Panorama Bukittinggi sekitar pukul 18.06 WIB, Rabu (28/10/2015).
gosumbarcom_ftdb3_996.jpg
JAKARTA -Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah meninggalkan Washington DC, Amerika Serikat (AS), Selasa, 27 Oktober 2015 petang, atau atau Rabu (28/10) pagi WIB. Diperkirakan akan tiba di tanah air pada Kamis (29/10) pagi dan akan langsung menuju Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), guna memimpin langsung penanganan bencana kabut asap.
gosumbarcom_guznz_994.jpg
JAKARTA - Kasus dugaan selingkuh yang diduga dilakukan Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Arzetti Bilbina dengan Dandim Sidoarjo, Letkol Kav Rizeki Indra Wijaya terus bergulir. Arzetti sendiri membantah keras jika dirinya dituding berselingkuh dengan Dandim Sidoarjo, Letkol Kav Rizeki Indra Wijaya. Mantan model tahun 90-an itu bersikeras jika pertemuan di Hotel Arjuna itu kata dia, murni untuk membahas program CSR yang akan disebar di 18 kecamatan di Sidoarjo.
gosumbarcom_nhdzu_992.jpg
PADANG - Hujan sudah mulai turun membasahi sebahagian daerah di Provinsi Sumatera Barat sejak Rabu pagi, 28 Oktober 2015. Namun demikian kualitas udara masih dalam level tidak sehat.
PEKANBARU - Diduga ngamen dengan melakukan tindakan pemaksaan terhadap pengguna jalan, 16 orang anak punk asal Sumatera Barat dan Sumatera Utara, diamankan jajaran Satpol PP Pekanbaru.
gosumbarcom_hxhgu_979.jpg
AGAM, GOSUMBAR.COM - Tindak pidana pencurian dengan kekerasan kembali terjadi di wilayah hukum Polres Bukittinggi, tepatnya di Kampung Jambak, Dusun Surau Usang, Jorong Koto Malintang, Kenagarian Koto Tangah, Kecamatan Tilatang kamang, Agam.
gosumbarcom_wa7pw_978.jpg
AGAM - Stasiun Global Asmosphere Watch (GAW) Kototabang, Agam, sejak pukul 10.00 WIB melaporkan kualitas udara yang dipantaunya berada pada level berbahaya.
gosumbarcom_unlsd_976.jpg
PADANG- Indek Standar Polusi Udara hasil Global Atmosphere Watch (GAW) Kototabang, Agam, Sumbar, Selasa pagi, 27 Oktober 2015 melaporkan dalam kondisi tidak sehat. Sementara itu BMKG memantau ada 557 titik api yang tersebar di beberapa daerah di Pulau Sumatera.
gosumbarcom_mjthw_975.jpg
DHARMASRAYA, GOSUMBAR.COM - Usai aksi bakar ban, aksi warga di Rumah Dinas Bupati Dharmasraya semakin tidak terkendali. Aparat Kepolisian yang mencoba mengamankan warga Jorong Durian Simpai, Nagari Empatkoto Nan Dibawah, Kecamatan Sembilan Koto, Dharmasraya malah terlibat aksi bentrok.
gosumbarcom_6rn46_974.jpg
DHARMASRAYA, GOSUMBAR.COM - Jelang dinihari ini, Selasa 27 Oktober 2015, situasi di Kabupaten Dharmasraya semakin mencekam. Pasalnya, ratusan masyarakat Durian Simpai, Nagari Empatkoto Nan Dibawah, Kecamatan Sembilan Koto, masih berkumpul usai dihalau oleh anggota polisi.
gosumbarcom_yq3uz_973.jpg
DHARMASRAYA, GOSUMBAR.COM - Usai menggelar razia di Jorong Durian Simpai, Nagari Empatkoto Nan Dibawah, Kecamatan Sembilan Koto, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat tadi sore, Senin, 26 Oktober 2015 terhadap penambang emas tanpa izin (PETI) yang dilakukan tim gabungan dari Polri, TNI dan Pol PP ternyata menimbulkan polemik
gosumbarcom_k3h7b_970.jpg
AGAM, GOSUMBAR.COM - Hingga pukul 15.00 WIB siang ini, Senin 26 Oktober 2015 Kualitas udara hampir diseluruh daerah di Sumbar terus memburuk.
gosumbarcom_xyfka_964.jpg
PADANG - Indek Standar Polusi Udara (ISPU) yang dipantau stasiun Global Asmosphere Watch (GAW) Koto Tabang, Kabupaten Agam mencatat udara dalam kondisi berbahaya. Meski kondisi udara dengan kabut asap berbahaya, sekolah tidak diliburkan di Kota Padang, Senin (26/10).
gosumbarcom_p42qk_958.jpg
PADANG – Gara-gara mesin dan pompa air lambung mati, Kapal motor (KM) Beriloga yang berangkat dari Muaro Padang menuju Sioban, Kabupaten Kepulaun Mentawai, nyaris tenggelam di sekitar 5 mil dari Pulau Sinyamuk sekitar pukul 01.00, Sabtu (24/10).
NUSANTARA
gosumbarcom_pwzwd_953.jpg
MANADO - Tempat karaoke Inul Vizta yang berada di dalam kawasan reklamasi Megamas, Kota Manado, Sulawesi Utara, terbakar, Minggu, 25 Oktober 2015 diniari sekitar pukul 01.00. Kebakaran yang terjadi di tempat karaoke paling laris di Kota Manado itu menyebabkan 12 orang tewas dan belasan lainnya  dirawat di rumah sakit.
gosumbarcom_5yu5e_945.jpg
AGAM, GOSUMBAR.COM - Siang Ini, Kualitas udara di sebagian besar daerah di Sumbar terus memburuk akibat kian menebalnya kabut asap yang disebabkan oleh Kebakaran lahan dan hutan yang sudah mengepung sebagian wilayah Sumatera sejak beberapa bulan belakangan ini.
gosumbarcom_uau7a_943.jpg
PEKANBARU - Dokter spesialis anak RS M Jamil Padang, dr Yorva Sayoeti (73), warga Jalan Aur Duri Indah V Nomor 8 Padang Timur, Sumatera Barat, menjadi korban penculikan.
gosumbarcom_jrkgf_937.jpg
PEKANBARU, GOSUMBAR.COM - Seorang pria yang berprofesi sebagai dokter anak di Kota Padang, Sumatera Barat, jadi korban penyekapan oleh kawanan yang diduga perampok.
gosumbarcom_qy844_934.jpg
PADANG, GOSUMBAR.COM - Seorang Dokter Spesialis Anak bernama dr Yorva dikabarkan menghilang sejak Kamis (22/10/2015), dia menghilang dengan mobil Daihatsu Taruna yang dipakainya usai dia bekerja di RS M Djamil, Padang.
gosumbarcom_gawhh_928.jpg
PADANG - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat akan menurunkan tim untuk mengklarifikasi penyebab bayi usia tiga bulan di Kabupaten Pasaman yang meninggal karena terpapar kabut asap. Berdasarkan keterangan pihak rumah sakit, bayi Salsabila Nafida meninggal bukan karena dampak kabut asap.
gosumbarcom_54rsn_926.jpg
PASAMAN - Korban tewas akibat bencana kabut asap terus bertambah. Bayi bernama Salsabila Nadifa yang berusia tiga bulan, warga Utanauli, Nagari Tarung-Tarung, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, meninggal akibat terpapar kabut asap setelah dirawat selama sepuluh menit di RSUD Lubuk Sikaping.
gosumbarcom_spltg_919.jpg
PADANG - Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Padang sudah masuk dalam kategori sangat membahayakan terutama bagi anak-anak. Dinas Kesehatan Kota Padang mengimbau warga untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Kendati demikian, Dinas Pendidikan belum mengambil langkah untuk meliburkan sekolah-sekolah secara massal.
gosumbarcom_cwhw2_918.jpg
PADANG - Sepanjang pekan ini kualitas pencemaran udara di Kota Padang sudah termasuk dalam kategori sangat berbahaya. Bahkan, hari ini, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Kota Padang menetapkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) mencapai 377,30 mg2.
gosumbarcom_fnwvz_911.jpg
AGAM - Lagi, Kualitas udara di sebagian besar daerah di Sumbar terus menurun akibat kian menebalnya kabut asap yang disebabkan oleh Kebakaran lahan dan hutan yang sudah mengepung sebagian wilayah Sumatera, Kamis, (22/10/2015).
gosumbarcom_8nggc_909.jpg
Ketebalan Kabut Asap di Padang Kian Pekat
Kamis, 22 Oktober 2015 10:14 WIB
PADANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan ketebalan kabut asap yang menyelimuti daerah itu pada Kamis (22/10) pagi kian pekat menyebabkan jarak panjang semakin terbatas.
gosumbarcom_zexry_905.jpg
PASAMAN, GOSUMBAR.COM – Dua murid Sekolah Dasar (SD) tewas tertimbun longsor di areal yang rencananya akan dijadikan pabrik sawit di Padang Sawah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.
wwwwww