Home  /  Berita  /  Ekonomi

WZF Dorong WZPI jadi Panduan Pengelolaan Zakat Global

WZF Dorong WZPI jadi Panduan Pengelolaan Zakat Global
Sekretaris Jenderal WZF, Dr. Zainulbahar Noor dalam expose virtual WZPI, Selasa (22/6/2021). (foto: ist./baznas ri)
Rabu, 23 Juni 2021 19:16 WIB
JAKARTA - World Zakat Forum/WZF atau Forum Zakat Dunia bersama BAZNAS RI menggelar expose virtual World Zakat Performance Index/WZPI pada Selasa dan meibatkan lebih dari 100 peserta dari berbagai negara.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan expose ini Sekretaris Jenderal WZF, Dr. Zainulbahar Noor, Wakil Sekretaris Jenderal Regional Eropa, Dr. Elnur Salihovic, Regional Afrika Barat, Muhammad Lawal Maidoki dan Regional Asia Selatan, Dr. Ayub Miah untuk memberikan sambutan pada kegiatan expose.

Rilis Baznas RI yang diterima GoNEWS.co, Rabu (23/6/2021) menyebut, pada kegiatan ini pimpinan WZF mendukung keberadaan buku WZPI untuk dapat dijadikan panduan dalam pengelolaan zakat global.

Dr. Zainulbahar Noor selaku Sekretaris Jenderal WZF mengatakan, "Saya sangat mengharapkan lembaga-lembaga zakat di bawah WZF untuk dapat menerima secara terbuka panduan ini agar pengelolaan zakat di negara masing-masing dapat dilakukan dengan baik dan kami berharap WZPI dapat mendorong terbentuknya standarisasi model evaluasi kinerja lembaga zakat di seluruh dunia,"

Dr. Irfan Syauqi Beik selaku Sekretaris Eksekutif WZF turut hadir juga sebagai pembicara inti dalam kegiatan expose ini. Dr. Irfan menyampaikan secara terperinci mengenai indikator-indikator dan juga skala penilaian dalam WZPI kepada para peserta kegiatan expose.

Pada akhir sesi, Dr. Irfan menyampaikan tentang pentingnya pengukuran kinerja lembaga zakat menggunakan WZPI. "WZPI akan diterapkan secara bertahap di negara-negara anggota WZF untuk melihat sejauh mana WZPI dapat diterapkan," pungkasnya.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan, "Saya optimis bahwa indikator-indikator yang ada pada WZPI dapat diterapkan diberbagai kondisi dan dituasi, dan WZPI merupakan living document yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengelolaan zakat dimasa yang akan datang,".***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Internasional, Nasional, Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/