Home  /  Berita  /  Nasional

Realisasi Anggaran Rendah, PKS Minta Kementan Fokus Intensifikasi Tanaman Pangan

Realisasi Anggaran Rendah, PKS Minta Kementan Fokus Intensifikasi Tanaman Pangan
Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan dalam rapat bersama Kementan di Senayan, Jakarta, Senin (21/6/2021). (foto: ist.)
Senin, 21 Juni 2021 14:34 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan, menyesalkan realisasi anggaran Kementerian Pertanian pada per Juni tahun 2021 yang sangat rendah yakni hanya 23,9%, di tengah realitas petani yang sangat membutuhkan dukungan anggaran dari APBN.

Hal tersebut disampaikan Johan pada saat mengikuti Raker dengan Menteri Pertanian di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta (Senin, 21/6/2021).

Johan selaku juru bicara Fraksi PKS menegaskan bahwa Kementan harus melakukan tindakan dalam membagi termin realisasi anggaran minimal perbandingan 35:65 antara semester 1 dan 2 sehingga terjadi kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan. "Saya minta Kementan tidak boleh santai di awal tahun dan sibuk di akhir tahun, menggenjot anggaran di akhir tahun punya resiko tergesa-gesa dan tidak tepat sasaran," ujar Johan.

Untuk itu, Politisi PKS ini meminta Kementan Fokus pada Agenda Intensifikasi Tanaman Pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional dan berkomitmen menghentikan impor pangan pokok pada tahun 2022 demi kemandirian pangan nasional. "Kementan bertanggungjawab dalam hal ketersediaan pangan, jangan sampai ketahanan pangan kita semakin merosot hingga berdampak luas seperti meningkatnya prevalensi stunting yang saat ini sudah mencapai 27,67 persen," papar Johan.

Legislator dari dapil NTB 1 ini mendesak Kementan harus tegas menghentikan dan mengevaluasi Program PATB (Perluasan Areal Tanam Baru) yang memiliki banyak persoalan, diantaranya pemerintah tidak dapat menunjukkan lokasi perluasan yang dimaksudkan. "Hal ini sangat tidak efisien dan tidak ada perencanaan matang, padahal banyak pelajaran kegagalan dari program cetak sawah baru dan perluasan lahan yang tidak terencana matang," ujar Johan.

Wakil rakyat yang berasal dari Pulau Sumbawa NTB ini juga mempertanyakan kinerja Kementan dalam hal pengembangan pangan lokal padahal menurutnya pada akhir tahun 2020 lalu pemerintah telah berjanji akan mengembangkan diversifikasi pangan berbasis kearifan lokal dengan prinsip satu komoditas per provinsi, dengan fokus pada pengembangan enam pangan lokal sumber karbohidrat yaitu ubi kayu, jagung, sagu, pisang, kentang dan shorgum.

"Namun hari ini kita lihat tidak ada upaya serius peningkatan produksi pangan lokal sesuai potensi wilayah dan belum ada terobosan pengembangan UMKM pangan lokal dan juga belum terlihat adanya program edukasi dan promosi pangan lokal yang massif hingga sampai hari ini belum ada perubahan signifikan pada pola konsumsi masyarakat," pungkas Johan.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Sumber:Rilis
Kategori:GoNews Group, Nasional
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77