Home  /  Berita  /  Peristiwa

Wakil Ketua DPR Ajak Jurnalis Ikut Pulihkan Ekonomi saat Pandemi

Wakil Ketua DPR Ajak Jurnalis Ikut Pulihkan Ekonomi saat Pandemi
Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel saat membuka Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI, di Tangerang, Banten, Jumat (18/6/2020). (Foto: Bambang)
Jum'at, 18 Juni 2021 19:40 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel, mengajak seluruh insan pers untuk terlibat langsung dalam mengatasi Pandemi Covid-19 sekaligus andil dalam pemulihan ekonomi nasional.

Kolaborasi ini menurut Gobel, menjadi kunci untuk kita bisa keluar dari masalah akibat pandemi Covid-19. "Kita harus mencari solusi bersama dan bekerjasama. Semua harus bergandengan tangan. Pers dan parlemen harus bisa bekerja sama dan mencari solusi bersama agar pandemi Covid19 bisa segera diatasi dan ekonomi bisa pulih kembali," kata Gobel di Hadapan para wartawan yang hadir dalam acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI, di Tangerang, Banten, Jumat (18/6/2020).

Profesi wartawan kata Gobel, adalah profesi mulia. Sebab wartawan adalah penulis draft sejarah. Karena itu pers Indonesia begitu sarat dengan tanggung jawab terhadap bangsa dan negaranya. "Wartawan harus memihak kepada kepentingan nasional dan membebaskan masyarakat dari ketertinggalannya sesuai dengan amanat proklamasi seperti termaktub pada Pembukaan UUD 1945," tandasnya.

Lebih lanjut Gobel mengungkapkan, pers Indonesia memiliki posisi penting dalam masyarakat modern. Terlebih dalam situasi sulit di masa sekarang. Menjadi wahana penyampai pesan secara massif, untuk membangun keyakinan di tengah masyarakat. "Selain kritis, rekan-rekan wartawan juga mohon berikan edukasi terhadap masyarakat terkait dengan misalnya selalu menggunakan protokol kesehatan dan tetap waspada dengan kesehatan. Begitu juga dengan membantu para pelaku UMKM yang saat ini terdampak dengan memberikan pemberitaan yang positif," pintanya.

Ia juga mempersilakan pers mengkritisi hal-hal yang harus dikritisi, karena pers Indonesia memang membawa semangat kejuangan dan objektivitas profesionalisme. "Bila perlu pers dan parlemen bisa berkolaborasi membangun sinergi untuk kritis bersama. Karena parlemen juga memiliki fungsi pengawasan. Kita sama-sama menjadi wakil publik," tegasnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan, situasi pandemi Covid-19 dapat dimanfaatkan Indonesia untuk tampil dan menjadi negara besar di kancah dunia. Menurut dia, Indonesia memiliki semua kebutuhan yang diperlukan dunia yang juga tengah mengalami pandemi.

"Saya perhatikan kita memilki peluang besar agar dapat menjadi negara besar, kita punya SDM, SDA yang melimpah, dan ini menjadi kesempatan untuk bangkit, bukan justru kita terpuruk dengan pandemi ini," katanya.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/