Home  /  Berita  /  Peristiwa

Isu Prabowo-Airlangga Maju Pilpres 2024, Golkar: Sah-sah Saja Kalau Cocok

Isu Prabowo-Airlangga Maju Pilpres 2024, Golkar: Sah-sah Saja Kalau Cocok
Pertemuan Airlangga dan Prabowo. (Foto: Istimewa)
Selasa, 08 Juni 2021 22:18 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Jelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, konstalasi politik nasional mulai menghangat. Sejumlah pengamat politik mulai memetakan siapa saja tokoh nasional mulai disandingkan seperti Anies Baswedan dan Puan Maharani hingga Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Namun, kali ini muncul wacana baru, yakni ada yang coba memasangkan sosok Prabowo Subianto bersama Airlangga Hartarto untuk meramaikan peta Pilpres mendatang.

Menanggapi hal itu, Politikus senior Golkar, Firman Soebagyo menilai sah-sah saja jika ada yang berpendapat Prabowo cocok dengan Airlangga. Politik itu menurutnya sangat dinamis dan perlu proses.

Dan dalam percaturan politik itu kemungkinan kemungkinan itu selalu ada. "Saya rasa kemungkinan-kemungkinan itu bisa saja terjadi karena ini kan untuk pasangan pemimpin nasional.seperti yang selalu saya sampaikan harus sosok mempunyai kapasitas, kapabilitas, integritas.Untuk terpilih harus memiliki popularitas dan elektabilitas," kata Firman di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

"Tetapi untuk mencari sosok-sosok ini kan harus ada keputusan politik dimasing masing internal partai.Harus ada kajian dan analisis kira kira untuk kedepan dibutuhkan pemimpin yang seperti apa," ujarnya.

Firman berpendapat, melihat kondisi indonesia saat ini tidak terlepas dari persoalan ekonomi yang menjadi persoalan serius khusunya pasca pandemi. "Kalau bicara recover ekonomi ini, menjadi persoalan yang serius dan pekerjaan rumah yang paling berat dan tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. Sudah memasuki tahun ke dua pandemi covid-19 ini bisa mengubah situasi dan peradaban perekonomian dunia. Oleh karena itu, kalau kita lihat sosok Airlangga mempunyai kapasitas itu," ujar anggota DPR RI ini.

Apalagi, kata Firman, kepiawaiannya Airlangga di pemerintahan maupun sebagai manatan Anggoata DPR menjadi point tersendiri. Selanjutnya jika melihat masalah pertahanan dan keamanan yang dianggap lemah, butuh figur mampu mengusai betul tentang strategi pertahanan dan keamanan negara. Tentang pertahanan dan keamanan negara kata Dia, Prabowo sudah tidak perlu diragukan lagi.

Apalagi posisinya saat ini sebagai menteri pertahanan dan keamanan seperti yang disampaikan para pengamat adaalah sosok Letnan Jenderal (Letjen) dengan pengalaman lapangan luas adalah sosok yang tepat. "Tinggal keputusan politiknya siapa yang akan jadi calon presiden dan wakil predidennya," tandasnya.

Oleh karena itu, jika prediksi pengamat ini terjadi, maka sangat tepat dan terbuka kemungkinan karena sama sama sosok yang mumpuni sesuai bidangnya. "Jadi, kalau ada pengamat coba mendesain itu saya pikir sah-sah saja karena pengamat punya hak dan bisa dipertanggung jawabkan baik moral maupun kapasitas sebagai pengamat punya hitung-hitungan tersendiri asal demi kepentingan bangsa dan negara yang baik saya rasa dunia politik itu semuanya serba selalu ada," tegas Anggota Baleg DPR ini.

Sebelumnya, Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai sah-sah saja jika kedua tokoh politik nasional ini sekiranya bisa berdampingan untuk maju bersama pada pesta demokrasi mendatang diajang Pilpres.

Menurut Pangi, baik Prabowo maupun Airlangga adalah sama-sama ketua umum parpol yang notabennya adalah pemilik tiket otomatis untuk maju di Pilpres 2024. "Sangat dinamis dan mungkin saja terjadi (Prabowo-Airlangga red). Karena merek seorang ketum parpol serta punya otoritas tiket jika mau maju di Pilpres. Apalagi jika melihat pencapain PT untuk Pemilu baik Golkar maupun Gerindra sudah bisa melewati ambang batas 20 PT persen," kata Pangi.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/