Home  /  Berita  /  Sepakbola
Kompetisi Sepakbola Liga 1 2021

Usai Uji Coba dengan Persik, Jacksen Tiago Temukan Alternatif Strategi

Usai Uji Coba dengan Persik, Jacksen Tiago Temukan Alternatif Strategi
Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago.
Senin, 07 Juni 2021 02:00 WIB
Penulis: Azhari Nasution
KEDIRI - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago mengaku menemukan alternatif strategi yang dapat menjadi pilihan timnya saat menghadapi AFC Cup 2021 dan Liga 1 2021/2022 nanti. 

Pelatih asal Brasil itu merasa bersyukur bisa berlatih tanding dengan tim yang selevel melawan Persik Kediri, Sabtu (5/6/2021) sore. Apalagi dengan strategi yang diterapkan oleh Persik, dia mengaku banyak belajar dan memperoleh informasi. Termasuk cara mengantisipasi tim-tim yang bermain direct ball seperti yang diperagakan Persik.

“Kita menemukan lawan yang bermain dengan formasi yang berbeda dari apa yang kita lakukan selama ini. Mereka menggunakan tiga pemain di belakang, 3-5-2 ya sehingga anak-anak mengalami kesulitan di awal-awal menembus pertahanan lawan,” tutur Jacksen.

“Yang paling penting dari aspek taktikal mereka memberi formasi yang selama ini jadi tren. Yang beberapa kali uji coba, kita tidak menemukan lawan dengan komposisi seperti Persik Kediri sehingga itu memberi catatan untuk kita sebelum AFC Cup tidak menutup kemungkinan lawan-lawan kita punya formasi yang sama.”

“Sehingga nanti formasi yang kita berikan ke pemain tidak asing lagi. Karena dalam uji coba hari ini sudah kita temukan hal yang sama,” sambungnya.

Jacksen F Tiago juga merasa beryukur bisa menghadapi Persik, karena anak asuhnya dapat merasakan laga uji coba yang setara dengan laga resmi kompetisi dari atmosfer pertandingan. 

Hal tersebut sangat dibutuhkan oleh Boaz Solossa dkk mengingat hampir setahun tim berjuluk Mutiara Hitam itu tidak merasakan pertandingan yang kompetitif.

“Pertandingan seru ya, kita pertandingan pertama dengan klub Liga 1. Kita tahu bahwa pertandingan dengan klub yang selevel dengan kita, pasti kita akan mendapat tekanan dan tantangan yang berbeda,” tutup eks pelatih Barito Putera. ***

wwwwww