Home  /  Berita  /  Sepakbola

Syahrian Abimanyu, Aktor Dibalik Gol Indah Timnas Indonesia

Syahrian Abimanyu, Aktor Dibalik Gol Indah Timnas Indonesia
Minggu, 06 Juni 2021 07:42 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Syahrian Abimanyu merupakan salah satu aktor dibalik gol indah yang diciptakan oleh Kadek Agung di menit ke-39. Abi, panggilan akrabnya, menyodorkan umpan terobosan manis bagi Kadek untuk menciptakan gol penyeimbang, saat melawan Thailand di Stadion Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6).

Assist Abi saat itu bahkan mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan sepak bola. Dirinya adalah pemuda kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia pada 25 April 1999. Dia putra dari Rasiman, yang juga seorang pelatih dari salah satu tim sepak bola tanah air, Madura United FC.

Kecintaanya pada sepak bola memang sudah secara natural turun dari ayahnya, hal ini terbukti saat dia memberanikan diri merantau menuju kota Bogor untuk meniti karir sepakbolanya.

Saat menuju Bogor usia Abi terbilang masih sangat muda, yakni 11 tahun. Dimana umumnya anak usia 11 tahun masih giatnya bermain bersama teman-temanya, tetapi Abi harus berlatih dengan giat demi mencapai cita-citanya untuk menjadi pesepak bola profesional.

Pada usia 16 Abi melanjutkan perjalanan karirnya untuk masuk Jakarta Footbal Academy, selanjutnya dia melanjutkan menimba ilmu sepak bolanya di salah satu akademi sepakbola di Spanyol, yaitu Royal European Football Academy (REFA) di Valencia. Hasil baik ditunjukan oleh Abi, dia ditarik untuk bermain dengan Levante U-19.

Satu tahun setelahnya Abi memutuskan kembali ke tanah air karena mendapatkan panggilan untuk bermain untuk Persija Jakarta pada Oktober 2017, namun hasilnya kurang memuaskan. Hal tersebut membuatnya harus hengkang dan berlabuh ke Sriwijaya pada 2018.

Setahun berlalu, bersama Sriwijaya, Abi menorehkan 8 kali penampilan, namun karena dirasa hasilnya belum mencapai target sehingga dia harus berpindah ke Madura United. Rupanya kepindahan Abi menuju Madura United berhasil menunjukan hasil yang lebih baik, dia berhasil mendapatkan perhatian lebih dengan diberi kepercayaan untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih banyak.

Usai petualangannya di Madura United, Abi bermain untuk salah satu klub besar asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT), kemudian dipinjamkan ke Newcastle Jets FC, Australia, lalu belakangan klub itu memulangkan Abi kembali ke JDT.

Kini, Abi merupakan bagian dari skuad Garuda yang sudah tampil dua kali sebagai pemain inti (laga uji coba melawan Oman dan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand).

Profil Singkat

Nama Lengkap: Syahrian Abimanyu

Tanggal Lahir: 25 April 1999

Tinggi Badan: 171 cm

Berat Badan: 66 kg

Posisi: Gelandang

Klub: Johor Darul Ta'zim

Karir Klub Junior:

SSB Mandiri Jaya Bogor

Jakarta Football Academy

2016 – 2017 Levante B

Karir Klub Senior:

2017 – 2019 Sriwijaya

2019 – 2020 Madura United

2021 Newcastle Jets (pinjaman)

2021 – sekarang Johor Darul Ta'zim

Tim Nasional:

2013 Indonesia U-16

2016 – 2018  Indonesia U-19

2018 – Indonesia U-23

2021 – Indonesia. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77