Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Tingkatkan Kinerja di Era Digital, Kemendagri Siapkan Aplikasi SiRiKa 

Tingkatkan Kinerja di Era Digital, Kemendagri Siapkan Aplikasi SiRiKa 
Suasana sosialisasi dan uji coba aplikasi SiRiKa Kemendagri di Hotel Grand Orchardz, Jakarta Pusat, baru-baru ini. (foto: ist./puspen kemendagri)
Jum'at, 04 Juni 2021 07:00 WIB
JAKARTA - Biro Perencanaan Kementerian Dalam Negeri memperkenalkan aplikasi SiRiKA (Sistem Informasi Perencanaan Pengendalian Kinerja) kepada UKE (Unit Kerja Eselon) I Kemendagri.

Kabiroren Kemendagri, Bachril Bakri memaparkan, SiRiKa diharapkan dapat mempermudah proses perencanaan, penganggaran, pengendalian, dan evaluasi kinerja lingkup Kemendagri sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 18 Tahun 2021 tentang Perencanaan, Penganggaran, Pengendalian dan Evaluasi Kinerja di Lingkungan Kemendagri.

"Biro Perencanaan berusaha menjawab kebutuhan dan permasalahan seluruh UKE I di internal Kemendagri," kata Bachril dalam sosialisasi SiRiKa di Hotel Grand Orchardz Jakarta Pusat baru-baru ini sebagaimana dikutip GoNEWS.co dari siaran Puspen Kemendagri, Jumat (4/6/2021).

Aplikasi ini memuat sub sistem perencanaan, sub sistem penganggaran, sub sistem pengendalian serta sub sistem evaluasi kinerja dalam satu sistem terintegrasi menggunakan data realtime dan evaluasi dengan flag analysis.

Ke depan, aplikasi ini diharapkan dapat didayagunakan sebagai sarana komunikasi dalam perencanaan, penganggaran, pengendalian dan evaluasi kinerja UKE I di lingkungan Kemendagri serta dapat mengintegrasikan berbagai aplikasi seperti aplikasi KRISNA Bappenas, SAKTI Kementerian Keuangan, SmArt Kementerian Keuangan, dan e-Monev Bappenas.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Nasional, Pemerintahan
wwwwww