Home  /  Berita  /  Peristiwa

Seperti Memilih Kapolri, Hal yang Sama Dilakukan Jokowi untuk Menunjuk Panglima TNI

Seperti Memilih Kapolri, Hal yang Sama Dilakukan Jokowi untuk Menunjuk Panglima TNI
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kunjungi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: Istimewa)
Sabtu, 29 Mei 2021 15:41 WIB
JAKARTA - Marsekal Hadi Tjahjanto sekitar enam bulan lagi akan memasuki masa purna tugas alias pensiun dari kedinasan sebagai prajurit, itu artinya sebelum Hadi pensiun, harus sudah ada jenderal di TNI untuk mengisi jabatan sebagai Panglima TNI yang akan ditinggalkan Hadi.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul berpandangan, penunjukan Panglima TNI adalah sepenuhnya hak prerogatif Presiden Jokowi, namun adib memperkirakan pemilihan Panglima TNI ini dilakukan seperti Jokowi memilih Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

"Ini pasti yang dilakukan oleh Jokowi (menunjuk Panglima TNI) sebagaimana ketika memilih Kapolri, saya kira Andika lebih berpeluang," kata Adib, Sabtu (29/5/2021).

Adib mengatakan, Andika dan Listyo Sigit memiliki kesamaan, lantaran keduanya pernah menjadi orang yang berada di dalam ring istana negara dan sangat dekat dengan Jokowi, saat itu Listyo Sigit sebagai ajudan sementara Andika menjadi pengawal dan tameng hidup Presiden sebagai Komandan Paspampres atau Danpaspampres.

"Selagi bintang dua (Danpaspampres) Andika sudah memiliki chemistry dengan Jokowi. Dari dua bintang menjadi empat bintang itu semua di era Jokowi," tandas Adib.

Terlepas dari itu semua, sosok Andika juga dianggap komplit dari sisi kapasitas, kapabilitas dan kompetensi yang dimiliki dikatakan mumpuni. "Pengalamannya juga banyak, cocok," demikian Adib.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:Politik, Pemerintahan, Peristiwa
wwwwww