Home  /  Berita  /  Peristiwa

KM Karya Indah Terbakar, 17 ABK Diamankan Polisi

KM Karya Indah Terbakar, 17 ABK Diamankan Polisi
KM Karya Indah Terbakar di Laut Maluku Utara. (foto: Istimewa)
Sabtu, 29 Mei 2021 22:53 WIB
JAKARTA - Kepolisian Resor Kepulauan Sula, Maluku Utara, mengamankan 17 orang anak buah kapal KM Karya Indah untuk dimintai keterangan terkait penyebab terbakarnya kapal di perairan Pulau Lifmatol, Sabtu (29/5).

Wakapolres Kepulauan Sula, Kompol Arifin Laode Buri menyampaikan seluruh ABK KM Karya Indah sudah diamankan di Polres Kepulauan Sula untuk dimintai keterangan. "Seluruh awak kapal kami amankan untuk dimintai keterangan terkait penyebab kapal itu terbakar," ujar Arifin.

Saat ini polisi belum mengetahui penyebab terbakarnya kapal milik PT Ajul Safikram Lines itu. Arifin mengatakan Polres Kepulauan Sula akan menerjunkan tim menuju bangkai kapal untuk menyelidiki penyebab terbakarnya KM Karya Indah tersebut.

Pihaknya juga akan meminta bantuan Laboratorium Forensik untuk mengungkapkan penyebab terbakarnya kapal berkapasitas 1.148 gross ton tersebut.

"Besok tim Polairud akan menuju bangkai kapal untuk menyelidiki penyebab terbakarnya kapal. Jika harus membutuhkan bantuan Labfor, maka Polres akan meminta bantuan Labfor," tuturnya.

Arifin mengatakan seluruh ABK akan dimintai keterangan terlebih dahulu guna mengetahui penyebab terbakarnya KM Karya Indah. KM Karya Indah rute Ternate-Sanana dilaporkan terbakar di perairan Pulau Limafatola, Sanana, Maluku Utara.

Penumpang yang tercatat di manifest kapal tersebut sebanyak 181 orang. Namun saat evakuasi pascakebakaran, penumpang yang terdata mencapai 275 orang, sedangkan satu penumpang masih dinyatakan hilang. Sedikitnya 95 penumpang di luar manifest ikut menumpang di kapal naas tersebut.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:Peristiwa
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/