Home  /  Berita  /  Umum

Menpora Apresiasi Keterlibatan Pemuda dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu

Menpora Apresiasi Keterlibatan Pemuda dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu
Menpora Zainudin Amali saat menerimakunjungan Bawaslu. (Foto:kemenpora.go.id)
Rabu, 26 Mei 2021 15:13 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Menpora Zainudin Amali menberikan apresiasi dan menyambut baik ajakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang meminta partisipasi organisasi Kepemudaan di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam Sekolah Kader Pengawas Pertisipatif (SKPP). Pasalnya, keterlibatan pemuda dalam pengawasan pemilu akan memperkuat proses demokrasi.

"Saya menyambut baik dan terbuka, apa yang disampaikan Bawaslu tentu dalam memperkuat proses demokrasi di masyarakat. Artinya semakin banyak para pemuda kita yang terlibat dalam pengawasan khusunya. Semakin banyak yang mengedukasi masyarakat, maka partisipasi (Pemilu) semakin masif," kata Zainudin Amali usai menerima kunjungan Ketua Bawaslu, Abhan di ruang kerjanya, gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2021). .

Menpora Amali mengatakan pihaknya siap bersinergi dengan Bawaslu. Apalagi, sebelumnya Kemenpora telah menandatangani kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN) dalam menurunkan angka Stunting dan mencetak atlet berprestasi.

"Kita akan diformalkan dan kami siap. Seperti apa teknisnya teman-teman Bawaslu yang siapkan. nanti kami tinggal mewadahi saja. Saya kira bagus, kita apresiasi dan terimakasih," ujar Amali.

Dalam kunjungannya, Abhan didampingi anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, Fritz Edward Siregar, Rahmat Bagja. Sementara itu Menpora Amali didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

Kedatangan Ketua Bawaslu dan rombongan untuk bersilaturahmi dan mengajak Kemenpora bersinergi dalam program program prioritas nasional untuk membentuk Pusat Pendidikan Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan melibatkan organisasi kepemudaan di bawah naungan Kemenpora (OKP).

"Ini perlu disinergikan dengan Kemenpora, Bawaslu meminta dan mengajak peran serta partisipasi organisasi Kepemudaan di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk terlibat berpartisipasi dalam Sekolah Kader Pengawas Pertisipatif (SKPP) guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan partisipatif dalam Pemilu dan Pemilihan," kata Abhan.

Menurut Abhan, organisasi kepemudaan di bawah naungan Kemenpora sangat banyak. Sehingga sangat perlu dilibatkan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam persiapan Pemilu. "Kami berharap bisa diformalkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum RI," harapnya. Untuk menindaklanjuti ini, maka perlu dibentuk panitia kecil untuk merumuskan naskah kerjasama antara Kemenpora dan Bawaslu. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/