Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Kesuksesan Piala Menpora Jadi Modal Izin Kompetisi Liga 1 dan 2

Kesuksesan Piala Menpora Jadi Modal Izin Kompetisi Liga 1 dan 2
Menpora Zainudin Amali usai memimpin Rakor dengan Polri, PSSI, BNPB bahas masalah izin Liga 1 dan Liga 2. (foto:kemenpora.org)
Selasa, 25 Mei 2021 02:03 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTASatuan Tugas Penanganan Covid-19 yang diwakili Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Harmensyah mengatakan pihaknya mendukung kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 bergulir kembali awal Juli mendatang dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Hal tersebut disampaikan Harmensyah saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dengan terkait izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021). Menurut dia, suksesnya penyelenggaraan Piala Menpora 2021 beberapa waktu lalu menjadi contoh gelaran sepak bola dapat bergulir di tengah pandemi.

“Pembelajaran dari pertandingan Piala Menpora itu sukses. Namun tentunya hal-hal yang yang perlu dievaluasi kita tingkatkan lagi, yang perlu diperbaiki kita tingkatkan dan Satgas penanganan COVID-19 nasional itu mendukung penuh dengan syarat protokol kesehatan secara ketat harus dilakukan,” katanya.

Selain itu, menurut Harmensyah, hal-hal yang diterapkan saat Piala Menpora 2021 akan diterapkan juga pada Liga 1 dan Liga 2 nantinya misalnya dilaksanakan tanpa penonton di stadion. “Kompetisi yang lalu tanpa penonton itu kita coba dulu. Mungkin evaluasi lagi di tahapan-tahapan berikutnya tidak tertutup kemungkinan adanya penonton tapi tetap dalam prokes yang ketat. Sehingga penularan Covid-19 itu tidak terjadi seperti di negara lain,” pungkasnya.

Dia mencontohkan, kejadian yang terjadi di India dimana terjadi kenaikan kasus yang luar biasa dari 150 ribuan kasus aktif naik menjadi 3,5 juta setelah adanya pertandingan Timnas Cricket India melawan Inggris.

“Jadi kita imbau semua yang terlibat termasuk para fansnya itu juga diharapkan melakukan kepatuhan pada prokes. Semoga dalam waktu singkat rekomendasi dapat kami sampaikan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto yang mengungkapkan bahwa izin dari Kepolisian akan keluar pada tanggal 27 Mei nanti menunggu kelengkapan persyaratan yang diajukan PSSI dan LIB. Namun demikian, dia meyakini kesuksesan Piala Menpora 2021 akan menjadi modal pertimbangan izin dikeluarkan.

“Terkait dengan pengamanan, belajar dari penyelenggaraan turnamen Piala Menpora yang lalu alhamdulillah sukses itu akan kita menjadikan acuan untuk penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2. Tentunya dengan peningkatan-peningkatan kapasitas karena Liga 1 Liga 2 ini memiliki penyelenggaraan waktu yang cukup lama yakni satu sampai dua bulan,” jelasnya.

Dia berharap Liga 1 dan Liga 2 bisa dikelola dengan baik pengamanannya dan betul-betul menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi.“Saya menyampaikan pesan kejadian kemarin fans Jakmania terkait dengan menangnya Persija di turnamen Piala Menpora kemarin mohon kalau bisa tidak terulang lagi,” harapnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 berbeda dengan turnamen pramusim Piala Menpora karena durasi waktu yang lebih panjang. Oleh karena itu, persiapan dan penerapan protokol kesehatan harus dilakukan lebih ketat. 

“Kita mau supaya penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 itu berjalan sesuai dengan aturan dan kita tetap membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Menpora menegaskan bahwa keselamatan dan kesehatan masyarakat harus diutamakan, tetapi di sisi lain kegiatan olahraga juga harus tetap didorong untuk tetap aktif.

“Apalagi sepak bola, kita tahu sepak bola sekarang ini luar biasa animo masyarakat dan bahkan banyak masyarakat yang sudah mulai masuk ke pengelolaan klub. Oleh karena itu kita fasilitasi, pemerintah memfasilitasi supaya kegairahan masyarakat baik mereka para pemilik klub, maupun para suporter dan masyarakat pada umumnya pencipta sepak bola terpenuhi keinginannya,” jelasnya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa jika izin keramaian dari Kepolisian dan Satgas Covid-19 keluar, maka komepetisi Liga 1 akan mulai bergulir awal Juli 2021 sekitar antara tanggal 3 hingga 7 Juli. 

“Kita mengalokasikan antara tanggal 3 sampai tanggal 7. Kurang lebih antara tanggal-tanggal itu karena masih ada pertandingan di luar yang diikuti oleh dua klub yang ada di Indonesia yaitu Persipura dan Bali United,” katanya. ***

wwwwww