Home  /  Berita  /  Peristiwa

Bus Rombongan Baralek Masuk Jurang di Sumbar, 3 Balita dan 1 Bocah Tak Luka Sama Sekali

Bus Rombongan Baralek Masuk Jurang di Sumbar, 3 Balita dan 1 Bocah Tak Luka Sama Sekali
Bus Pasaman Transport BA 7974 SU yang bermuatan 41 orang terjun ke jurang di Jorong Simpang Tigo, Nagari Simpang, Kabupaten Pasaman, Rabu (19/5/2021). (perdana putra/kompas.com)
Kamis, 20 Mei 2021 10:33 WIB
PADANG -- Bus Pasaman Transport bernomor polisi BA 7974 SU yang bermuatan 41 orang terjun ke jurang sedalam 15 meter di Jorong Simpang Tigo, Nagari Simpang, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (19/5/2021) pagi.

Kecelakaan itu menyebabkan 2 penumpang meninggal dunia dan 35 luka-luka. Sedangkan 4 penumpang lainnya selamat tanpa luka sama sekali. Empat penumpang yang tidak luka sedikit pun itu adalah 3 balita dan seorang bocah.

''Tiga balita dan satu bocah selamat. Mereka tidak mengalami luka sedikit pun,'' kata Kasat Lantas Polres Pasaman Iptu Saherman, Rabu (19/5/2021), seperti dikutip dari langgam.id.

Balita dan bocah yang selamat tanpa luka sama sekali itu bernama Kayla Ulvia (3,5), Emir (2,5), Fadzilah (2,5) dan Atik Taskiah (9).

Saherman menambahkan, bus naas tersebut membawa rombongan baralek (pesta pernikahan).

''Mereka ini rombongan yang rencananya pergi pesta pernikahan. Dua orang dilaporkan meninggal dunia,'' ujarnya.

Saherman mengatakan, bus diduga melaju dengan kecepatan tinggi saat melewati turunan dan tikungan tajam. Namun sesampainya di lokasi kejadian rem bus tidak berfungsi.

''Kendaraan tidak terkendali dan lurus ke luar badan jalan sebelah kanan. Jurang berada di sisi kanan badan jalan, bus masuk jurang kemudian terperosok ke sawah,'' tuturnya.

Dua Tewas dan 35 Luka-luka

Sebelumnya diberitakan, bus bermuatan 40 penumpang dan seorang sopir, terjun ke jurang sedalam 15 meter di Jorong Simpang Tigo, Nagari Simpang, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (19/5/2021).

Dikutip dari Kompas.com, bus Pasaman Transport yang naas tersebut membawa rombongan baralek (kondangan) dari Ujung Gading, Pasaman Barat, menuju Lubuk Sikaping, Pasaman.

Setibanya di Jorong Simpang Tigo, Nagari Simpang, bus hilang kendali karena rem blong dan akhirnya terjun ke jurang sedalam 15 meter.

Akibatnya, 2 penumpang meninggal dunia, 35 luka-luka dan 4 orang selamat tanpa luka sedikit pun.

''Mereka rombongan baralek dari Ujung Gading menuju Lubuk Sikaping,'' kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman, Iptu Saherman yang dihubungi Kompas.com, Rabu.

Dituturkan Saherman, bus membawa rombongan baralek itu tiba di tempat kejadian perkara sekitar pukul 05.30 WIB.

''Kejadian sekitar pukul 05.30 WIB. Bus masuk jurang karena diduga rem blong,'' kata Saherman.

Saherman mengatakan, peristiwa berawal ketika bus Pasaman Transport BA 7974 SU yang dikemudikan oleh Akhyar, datang dari arah Malampah menuju ke arah Simpang.

Diduga karena kecepatan tinggi dan rem tidak berfungsi, ketika melewati turunan tajam dan tikungan tajam ke kiri, kendaraan tidak terkendali dan terus lurus ke luar badan jalan sebelah kanan, terus masuk ke jurang sedalam 15 meter.

Dua penumpang yang meninggal dunia adalah Damris (45) dan Siti Aina (51). Sementara penumpang yang terluka dibawa ke Puskesmas Simpati, Puskesmas Bonjol dan RSUD Pasaman.

''Dua korban tidak dapat diselamatkan nyawanya, yaitu D dan SA. Sedangkan korban yang luka-luka dibawa ke Puskesmas Simpati, Puskesmas Bonjol dan ada yang dirujuk ke RSUD Pasaman,'' jelas Saherman.

Saat ini, kata Saherman, pihaknya sedang berupaya melakukan evakuasi bus.

''Untuk sopir saat ini sedang dirawat dan segera kita periksa,'' sambung Saherman.***

Editor:hasan b
Sumber:langgam.id dan kompas.com
Kategori:Peristiwa
wwwwww