Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Kalau Vaksinnya Ada, Vaksinasi Covid-19 Bisa Rampung Desember

Kalau Vaksinnya Ada, Vaksinasi Covid-19 Bisa Rampung Desember
Ilustrasi vaksinasi pencegahan resiko kematian akibat virus Corona (Covid-19). (gambar: ist./sentra vaksinasi Indonesia bangkit xl axiata)
Minggu, 16 Mei 2021 19:11 WIB
JAKARTA - Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmidzi mengungkapkan, vaksinasi ditargetkan rampung pada Desember tahun ini. Target ini bisa tercapai baik menggunakan vaksin model 2 kali suntik maupun model 1 kali suntik.

"Kalau vaksinnya ada (bisa, red)," kata Nadia kepada GoNEWS.co, Rabu malam (12/5/2021) lalu.

Jika ketersediaan vaksin memang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, setidaknya 90 persen orang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama pada Desember nanti.

"Artinya sudah tercapai sasaran vaksinasi, 90 persen orang," ujar dia.

Pada titik itu, maka herd immunity (kekebalan masyarakat) sudah bisa terbentuk, menurut Nadia.

"Ya coverage-nya bisa. Cuman nanti kita lihat efektifitasnya. Kita tahu bahwa perlindungan optimal itu kan dengan pemberian suntikan dua kali. Tapi kalau sudah 90 persen orang (disuntik dosis pertama, red) bayangin," kata Nadia.

Pemerintah dan kalangan bisnis tentu terus berupaya mengamankan ketersediaan vaksin. Tapi kata Nadia, sebelum bicara jauh mengenai capaian vaksinasi Desember, tahapan yang sedang berlangsung saat ini harus bisa dipastikan berjalan efektif. Butuh upaya bersama untuk menyukseskan vaksinasi yang saat ini menyasar lansia.

"Beberapa lansia beranggapan yang perlu divaksin saat ini adalah anak keturunan mereka," ujar Nadia.

Capaian saat ini, kata Nadia, 8,8 jutaan orang sudah mendapatkan dosis lengkap dan 13 juta orang telah disuntik vaksin dosis pertama. Targetnya, 181 juta orang di Indonesia mendapat vaksin untuk mencapai herd immunity.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Kesehatan, Nasional, Pemerintahan
wwwwww