Home  /  Berita  /  Umum

10 Ton Beras Zakat Fitrah Tiba di Dayak

10 Ton Beras Zakat Fitrah Tiba di Dayak
Relawan saat membantu proses ketibaan beras zakat fitrah Baznas di Kelurahan Tanjung Pinang, Kecamatan Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (11/5/2021). (foto: ist./baznas)
Rabu, 12 Mei 2021 15:34 WIB
JAKARTA - Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) melaporkan bahwa sebanyak 2.000 sak atau 10 ton beras zakat fitrah hasil penerimaan Baznas telah tiba di Tanah Dayak, Kalimantan Tengah per Selasa (11/5/2021).

Kehumasan Baznas mengungkapkan, penyaluran beras fitrah secara nasional dilakukan bersama dengan 70 Baznas daerah. Untuk di Kalimantan Tengah, Baznas provinsi dan Bulog provinsi juga turut dilibatkan.

"Ini merupakan kali pertama pendistribusian besar-besaran di Kalimantan Tengah," kata Pimpinan Baznas RI, Saidah Sakwan dalam sebuah pernyataan yang dikutip GoNEWS.co, Rabu (12/5/2021).

Sejauh ini, kata Dia, beras zakat fitrah untuk Kalimantan Tengah tersebut telah didistribusikan ke Sampit, Pangkalan Bun, Pulang Pisau, Gunung Mas, Danau Panjang, Pangkoh, dan Danau Tundai.

Dalam mendistribusikan beras zakat fitrah, jelas Saidah, Baznas memberdayakan petani lokal untuk menyediakan beras dengan kualitas premium. Melalui pendampingan teknis dan dukungan sarana prasarana para petani lokal bisa merasakan adanya peningkatan finansial secara signifikan.

Pada tahun 2021 para petani memproduksi padi yang bersumber dari 4 lumbung pangan yaitu Lumbung Pangan Karawang, Lumbung Pangan Sukabumi, Lumbung Pangan Serang, dan Lumbung Pangan Lampung yang bekerjasama dengan Bulog.

Cakupan wilayah penyaluran beras zakat fitrah Baznas mencapai hampir seluruh daerah di Indonesia, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Papua.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Umum
wwwwww