Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021

Wagub Papua: Penyelesaian Venue Tinggal 10 Persen Saja

Wagub Papua: Penyelesaian Venue Tinggal 10 Persen Saja
Menpora Zainudin Amali saat berbincang dengan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal.
Selasa, 11 Mei 2021 21:33 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang sempat tertunda dipastikan akan dilaksanakan sesuai jadwal, 2 – 15 Oktober 2021. Kepastian itu disampaikan Menpora Zainudin Amali usai menerima kunjungan Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal di ruang kerjanya di lantai 10, Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (11/5/2021).

"Berdasarkan laporan dari Wagub Papua bahwa persiapan penyelenggaraan PON tidak ada masalah dan akan diselenggarakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Beliau juga sampaikan bahwa Papua siap untuk pelaksanaan PON dan mempersilahkan peserta datang ke Papua,” kata Amali.

Apa yang diungkapkan Amali itu berdasarkan laporan Klemen Tinal. Dalam laporannya, Klemen Tinal menjelaskan persiapan penyelenggaraan PON di 4 lokasi di Papua yakni Jayapura, Merauke Timika, dan kabupaten Jayapura sudah dipastikan hampir 100 persen. Terutama venue dan penginapan. 

“Semua berjalan sesuai dengan schedule. Jadi ada yang sudah mencapai 100 persen, ada yang 50 persen. Tapi kita harap tiga bulan sebelum PON terjadi sudah sampai ke 100 persen dari venue yang ada sudah 90 persen selesai. Tinggal 10 persen saja,” jelasnya.

Menurut dia, saat ini hanya tinggal peralatan olahraga. Oleh karena itu pihaknya terus berkoordinasi dengan Kemenpora dan PB PON karena pengadaan peralatan juga harus sesuai dengan standar-standar yang sudah ditetapkan. “Tahun ini kita lakukan itu peralatan. Harapan Kita 3 bulan sebelum PON semua sudah selesai tinggal penyelenggarannya,” harapnya. 

Selain itu, Dia juga menyampaikan bahwa situasi di tempat-tempat penyelenggaraan PON aman dan kondusif. Ia berharap para peserta dari berbagai daerah tidak terpengaruh pemberitaan bahwa Papua tidak aman. 

“Tempat-tempat yang akan berlangsung PON sampai saat ini sangat aman dan bisa dikunjungi. Baik oleh atlet maupun siapa yang mau datang mendukung silakan. Papua itu Indonesia, welcome kami sambut dengan baik silakan datang kita memeriahkan sukseskan PON di Papua,” ujarnya.  ***

wwwwww