Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021

Demi Kenyamanan Peserta, Klemen Tinal: 2/3 Masyarakat di Empat Kluster Akan Divaksin

Demi Kenyamanan Peserta, Klemen Tinal: 2/3 Masyarakat di Empat Kluster Akan Divaksin
Menpora Zainudin Amali bersama Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal. (Foto:kemenpora.go.id)
Selasa, 11 Mei 2021 20:46 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) berusaha memberikan layanan yang terbaik bagi peserta PON XX Papua yang akan digelar 2-15 Oktober 2021. Bukan hanya jaminan keamanan saja tetapi masalah penanganan pandemi Covid-19 juga akan dilakukan secara maksimal.

Hal itu terkuak saat Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal melaporkan persiapan PON XX Papua kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Lantai 10 Gedung Kemenpora Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Dalam laporan tersebut, Klemen Tinal menyampaikan soal penanganan Covid-19 dimana sebanyak dua pertiga masyarakat yang berada di area empat klaster pertandingan PON XX di Papua akan divaksinasi. Ini bertujuan agar penyelenggaraan bisa berlangsung aman dari Covid-19 dan masyarakat bisa menyambut dan menyemarakkan pesta olahraga tersebut.

“Dalam pandemi ini, kami sudah rapat dan instruksikan supaya semua klaster pertandingan PON, dua pertiga masyarakat dengan radius tempat terjadinya olahraga itu divaksinasi,” kata Klemen Tinal.

“Kami juga minta semua yang terlibat membantu kami dengan alat-alat vaksin supaya kita bisa melakukan vaksin dua pertiga rakyat yang tinggal disitu agar sewaktu PON terjadi, mereka bisa sukacita ikut terlibat,” tambahnya.

Klemen Tinal juga menyampaikan terima kasih kepada Menpora Amali yang terus berkoordinasi untuk menyukseskan pelaksanaan PON XX. Dia bilang, masyarakat Papua sangat antusias menyambut event yang akan berlangsung pada Oktober mendatang.

“Kita bersyukur Papua menjadi tuan rumah PON. Masyarakat disana sudah antusias untuk menyambut dan menyukseskan. Kami menyampaikan supaya saudara-saudara dan teman-teman dari provinsi yang sudah siap ikut PON terus persiapkan diri,” ujarnya.
Menurut Klemen, peserta PON Papua tidak perlu khawatir katema Papua dalam kondisi aman. Bahkan, dia menyebut venue sudah sangat siap untuk menyelenggarakan pertandingan.

“Kalau ada informasi katakanlah situasi seolah Papua tak aman, kami ingin menyampaikan Papua aman-aman saja yang berhubungan dengan PON. Tempat yang berlangsungnya aman. Kami welcome dan sambut dengan baik,” terangnya.

Seperti diketahui, lokasi pertandingan PON XX akan berlangsung di Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Kabupaten Merauke. “Kalau ada info situasi konflik atau keamanan itu sangat jauh tempatnya. Katakanlah Puncak Papua itu kalau naik pesawat dua jam dari Jayapura,” pungkas Wagub Klemen.

Sementara Menpora Zainudin Amali menyambut baik langkah tersebut. Dengan adanya vaksinasi itu, Amali semakin optimis pelaksanaan PON nantinya akan berlangsung aman dan sukses.

“PON tidak ada masalah, sesuai jadwal. Bahkan upaya dari pemerintah provinsi untuk membuat masyarakat sekitar juga terlindungi dari pandemi. Ada kebijakan vaksin, jadi aman. Silakan datang. Kita sukseskan PON Papua,” kata Menpora Amali.

Terkait pelaksanaan vaksin ini, Amali mengaku sudah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. “Saya juga sudah mendapatkan komitmen dari Menteri Kesehatan, beliau juga menyampaikan sebelum pelaksanaan (PON) itu semua sudah vaksin,” tambahnya. ***

wwwwww