Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Kualifikasi Piala Dunia 2022

Menpora Berharap Pemain Muda Diutamakan Perkuat Timnas Indonesia

Menpora Berharap Pemain Muda Diutamakan Perkuat Timnas Indonesia
Menpora Zainudin Amali. (foto:kemenpora.org)
Senin, 10 Mei 2021 21:06 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong diharapkan memberikan kesempatan lebih banyak pemain muda untuk memperkuat Tim Garuda yang akan tampil dalam tiga laga sisa babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasalnya, Indonesia bakal menghadapi SEA Games Hanoi, Vietnam 2021.

"Timnas Indonesia kan sudah tidak punya peluang lagi untuk lolos ke Piala Dunia 2022. Jadi, saya berharap para pemain muda diberikan kesempatan lebih banyak untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia yang berlaga di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Pengalaman tiga laga internasional itu sangat penting bagi mereka saat memperkuat Timnas Indonesia pada SEA Games Hanoi 2021,' kata Menpora Zainudin Amali di Jakarta, Senin (10/5/2021).

Keinginan Amali itu cukup wajar, Apalagi, Timnas Indonesia ditargetkan meraih medali emas pada pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara. Sebelumnya, Indonesia hanya mampu meraih perak setelah dikalahkan Vietnam pada SEA Games Filipina 2019.

Harapan Amali tersebut didukung penuh pengamat sepakbola, Rayana Djakasurya. Alasannya, pengalaman laga internasional sangat dibutuhkan pemain muda yang bakal memperkuat Timnas Indonesia pada SEA Games Hanoi 2021.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini sangat sulit mencari event internasional yang bisa dijadikan ajang uji coba. Jadi, saya dukung harapan pak Menpora yang menginginkan lebih banyak pemain muda diberikan kesempatan tampil di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Jam terbang internasional itu sangat dibutuhkan untuk lebih mematangkan mereka saat tampil di SEA Games Hanoi 2021 nanti," kata Rayana.

Berbicara masalah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang telah mengajukan format kompetisi yang rencananya digulirkan 3 Juli 2021, Amali menjawab masih harus dibahas dalam rapat koordinasi. "Ya, usulan kompetisi yang disampaikan PSSI dan PT LIB harus dibahas dalam rapat koordinasi. Itu kan sudah proses yang harus dilalui. Insya Allah setelah usai Idul Fitri akan dibahas," ungkapnya. ***

wwwwww