Home  /  Berita  /  Olahraga
Indonesia Basketball League (IBL) 2021

Nantikan Duel Indra Muhammad Lawan Kevin Moses

Nantikan Duel Indra Muhammad Lawan Kevin Moses
Rabu, 05 Mei 2021 02:47 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTATak terasa Indonesia Basketball League (IBL) 2021 akan memasuki babak Playoffs. Babak yang menegangkan yang jadi puncak kompetisi basket kasta tertinggi di Indonesia. Di putaran pertama Divisi Merah, ada pertemuan antara Louvre Dewa United Surabaya melawan Bank BPD DIY Bima Perkasa. 

Dalam sejarah IBL, Louvre baru pertama kali masuk Playoffs, karena mereka masih terhitung sebagai kontestan baru. Sementara tahun lalu, ketika mereka berpeluang ke sana, liga terpaksa dihentikan karena pandemi Covid-19. Sedangkan Bima Perkasa akhirnya kembali ke Playoffs, setelah absen selama dua musim sebelumnya. Jadi ini bakal jadi pertarungan yang seru. Sementara bila dilihat dari musim reguler ini, Bima Perkasa berhasil unggul 2-0 dari Louvre. 

Di pertemuan pertama Bima Perkasa menang 66-59 (13 Maret), dan di pertemuan kedua, mereka juga menang 57-52 (29 Maret). Jadi Louvre tidak bisa menemukan jawaban atas Bima Perkasa musim ini. Tetapi kalau dilihat dari precentage kemenangan mereka, Louve jelas lebih unggul karena menang 10 kali dari 16 pertandingan. Sedangkan Bima Perkasa menang 9 kali. 

Pusat perhatian dari pertemuan dua tim ini adalah penyerangnya. Mereka memiliki forward muda yang energik dan siap meledak di pertandingan. Louvre punya Kevin Moses Eliazer Poetiray, yang juga berstatus sebagai kapten tim. Sebaliknya, Bima Perkasa memiliki Indra Muhammad, pemain andalan baru tim ini, yang sudah jadi tumpuan tim di musim pertamanya bersama tim Jogjakarta.

Data statistik iblindonesia.com menunjukkan bahwa Moses adalah pendulang poin terbanyak kedua setelah Jamarr Andre Johnson. Moses mengoleksi rataan 16,5 PPG, 4,4 RPG, dan 3,1 APG. Kalau dilihat dari catatan totalnya, dalam 16 pertandingan, Moses mencetak 265 poin. Performanya musim ini meningkat drastis dari sebelumnya. Moses menjadi tumpuan serangan setelah hilangnya Daniel Timothy Wenas. Moses sendiri pernah mencetak 27 poin (tertinggi musim ini) ketika bertemu Amartha Hangtuah Jakarta. 

Sementara dari kubu Bima Perkasa, Indra Muhammad jadi pendulang poin terbanyak untuk timnya dengan total 225 poin. Hebatnya, Indra selalu bugar dan tidak pernah absen musim ini. Dia jadi pemain paling berbahaya di Bima Perkasa. Untuk rata-ratanya, 14,0 PPG, 5,5 RPG, dan 3,1 APG. Pemegang gelar Defensive Player of The Year 2020 itu semakin gemilang di bawah asuhan David Singleton. Jadi Indra dan David sudah bersama dua musim. Rasanya secara komunikasi tidak ada masalah. 

Kenapa pertemuan kedua pemain forward ini patut ditunggu? Karena, kemungkinan besar keduanya akan saling berhadapan. Moses dan Indra sama-sama punya kemampuan untuk bertahan dengan baik secara one-on-one, begitu juga ketika mereka offense. Keduanya juga sering terlihat jadi ujung tombak dalam strategi isolation. Jadi, siapa yang defensenya bagus, dia yang akan menang. 

Playoffs IBL 2021 akan dimulai pada 23-25 Mei mendatang. Kali ini semua pertandingan akan digelar dengan sistem best-of-three di Mahaka Arena, Jakarta, dan disiarkan langsung melalui saluran-saluran resmi IBL. ***

Kategori:Olahraga
wwwwww