Home  /  Berita  /  Olahraga
Jelang Olimpiade Tokyo 2021

Materi Pemanah Pelatnas Olimpiade Kembali Normal

Materi Pemanah Pelatnas Olimpiade Kembali Normal
Seleksi Nasional Panahan.
Jum'at, 30 April 2021 12:39 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Materi Pemanah Pelatnas Olimpiade yang menjadi sorotan selama ini kembali normal dengan kehadiran Riau Ega Agata Salsabila, Dinanandra Choirunisa dan Asiefa Nur Haensa.

Ketiga pemanah asal Jawa Timur (Jatim) yang disingkirkan dari daftar pemanah pelatnas Olimpiade itu lolos dalam Seleksi Nasional (Seleksi Nasional) yang digelar di Lapangan Panahan Komplek Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, 28-29 April 2021.

Dalam seleknas yang diikuti 15 pemanah untuk menentukan empat pemanah yang akan mempekuat Skuat Tim Nasional (Timnas) Panahan Indonesia pada Kejuaraan Panahan Dunia di Paris, Perancis, 18-20 Juni mendatang, mereka mampu membuktikan kemampuannya.

Pada Seleknas yang digelar selama dua hari itu, Riau Ega Agata Salsabilla yang turun di recurve perorangan putra menempati peringkat pertama dengan meraih 3.271 poin. Posisi kedua ditempati Lisnawanto Putra Aditya dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan total 3.213 poin. Kemudian, Alviyanto Bagas Prastyadi (Jawa Tengah) dengan 3.188 poin menempati peringkat ketiga dan Arif Dwi Pangestu (DIY) 3.188 poin di peringkat keempat.

Sukses Riau Ega diikuti Diananda Choirunnisa yang turun di recurve putri. Pemanah asuhan salah satu anggota srikandi peraih perak Olimpiade Seoul 1988, Lilis Handayani ini menempati peringkat pertama dengan 3.132 poin. Disusul Titik Kusumawardani (DIY) dengan 3.128 poin menempati peringkat kedua. Kemudian, Rezza Octavia (Papua) dengan 3.080 poin di peringkat ketiga dan Asiefa Nur Haenza (Jatim) dengan 3.031 poin di peringkat keempat.

“Hasil Seleknas ini sangat terbuka dan tidak ada campur tangan dari pihak manapun. Delapan pemanah yang terpilih merupakan yang terbaik dan pantas menjadi penghuni pelanas panahan Olimpiade," kata Manajer Tim Pelatnas Panahan Olimpiade, Ikhsan Ingratubun.

Selanjutnya, kata Ikhsan, mereka akan dipersiapkan untuk menghadapi Kejuaraan Panahan Dunia di Paris yang menjadi babak kualifikasi Olimpiade terakhir. "Saya berharap mereka bisa mempersiapkan diri dengan baik sehingga mampu menunjukkan kemampuan terbaik saat tampil di Paris nanti," imbuhnya.

Di Paris nanti, Tim Panahan Indonesia ditargetkan menambah kouta tiket ke Olimpiade Tokyo 2021. Sebelumnya, Tim Panahan Indonesia sudah mendapatkan tiket untuk nomor recurve perorangan putra dan putri lewat peran Riau Ega dan Diananda yang sukses di Asian Games Jakarta 2018.

Saat itu, Riau Ega yang akrab dipanggil Sinchan meraih medali perunggu nomor recurve putra dan Diananda Choirunisa yang panggilan akrabnya Anis mendapatkan perak nomor recurve putri.

Anggota Pelatnas Panahan Olimpiade Hasil Seleknas : 

Recurve Putra : 1. Riau Ega Agata Salsabilla (Jawa Timur). 2. Lisnawanto Putra Aditya (DIY), 3. Alviyanto Bagas Prastyadi (Jawa Tengah), 4. Arif Dwi Pangestu (DIY).

Recurve Putri : 1. Diananda Choirunnisa (Jawa Timur), 2. Titik Kusumawardani (DIY), 3. Rezza Octavia (Papua) dan 4. Asiefa Nur Haenza (Jatim). ***

Kategori:Olahraga
wwwwww