Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Pelaksanaan Piala Menpora Jangan Dicampur Ulah Oknum Suporter Kata Amali

Pelaksanaan Piala Menpora Jangan Dicampur Ulah Oknum Suporter Kata Amali
Menpora Zainudin Amali. (Foto:kemenpora.go.id).
Senin, 26 April 2021 20:54 WIB
Penulis: Azhari Nasution
SOLO - Kesuksesan pelaksanaan kompetisi Piala Menpora 2021 dengan protokol kesehatan dan disiplin yang ketat sebaiknya tidak dicampur dengan ulah oknum suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung. Pasalnya, turnamen pramusim sudah resmi ditutup setelah Persija Jakarta mengalahkan Persib Bandung pada final leg kedua di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, MInggu (25/4/2021) malam.

"Peristiwa itu terjadi setelah kompetisi pramusim Piala Menpora 2021 ditutup. Jangan dicampur dengan ulah suporter yang terjadi pasca kompetisi pramusim," kata Menpora. Zainudin Amali dalam jumpa pers secara virtual di Solo, Jawa Tengah, Senin (26/4/2021).

Menpora Amali menyesalkan ulah oknum suporter Persija Jakarta yang melakukan euforia berlebihan merayakan juara Piala Menpora 2021 dengan bekerumunan di jalanan. Begitu juga dengan ulah oknum suporter Persib Bandung yang melakukan pengerusakan kantor Persib Bandung. 

Untuk itu, Amali meminta kejadian suporter itu menjadi pelajaran bagi semua pihak. Bahkan, dia menyarankan untuk melakukan evaluasi dengan tujuan memperbaiki kekurangan dan mempertahankan apa yang sudah berjalan baik dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021.  

"Memang sekali lagi urusan suporter ini sampai sekarang kita berusaha mengedukasi, membuat mereka tertib. Tetapi, karena menyangkut jutaan orang dan berada di tempat yang berpencar-pencar bukan persoalan yang mudah," urai Menpora.

Lebih jauh Amali menjelaskan, pelaksanaan Piala Menpora sudah berjalan sesuai standar dan skenario awal yang sudah disepakati bersama. "Menurut saya, untuk pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora-nya kita lulus. Tetapi, ada ekses yang muncul dari euforia suporter sebagai rasa senang berlebihan yang muncul dari pendukung tim yang menang," ujarnya.

Seperti diketahui, kedua suporter tim finalis turnamen pramusim tersebut berbuat ulah setelah laga leg kedua final Piala Menpora usai. The Jakmania secara spontan tumpah ruah di sejumlah jalanan ibukota untuk euforia kemenangan dengan berkerumun dan keramaian. Sedangkan, sebagian Bobotoh/Viking menumpahkan kekecewaan dengan merusak kantor PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77