Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Turnamen Sepakbola Piala Menpora 2021

Laga PSM Lawan PS Sleman, Menpora: Protokol Kesehatan Ketat dan Disiplin

Laga PSM Lawan PS Sleman, Menpora: Protokol Kesehatan Ketat dan Disiplin
Menpora Zainudin Amali. (foto:kemenpora.org)
Sabtu, 24 April 2021 23:09 WIB
Penulis: Azhari Nasution
SOLO Menpora, Zainudin Amali memantau langsung jalannya pertandingan perebutan peringkat ketiga antara PSM Makassar melawan PS Sleman di stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jawa Tengah, Sabtu (24/4/2021) malam. 

Menpora Amali mengaku bersyukur kompetisi pramusim Piala Menpora sudah sampai pada babak penentuan juara 3 dan 4. Sementara laga final leg kedua antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung akan dilangsungkan Minggu (25/4/2021) malam.

Didampingi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indoensia (PSSI) Mochamad Iriawan dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, Menpora kembali menyampaikan apresiasi kepada PSSI, LIB, dan semua suporter karena sudah mematuhi protokol kesehatan selama kompetisi ini berlangsung.

"Alhamdulillah, puji tuhan. Kita berterima kasih kepada semua pihak khususnya kepada Ketua Umum PSSI dan juga penyelenggara dan juga tentu apresiasi dan terimakasih dari pemerintah ini saya sampaikan berulang-ulang kepada para suporter kita, kepada para pendukung, pencinta sepakbola yang sudah mematuhi semua anjuran yang dibuat oleh panitia," kata Menpora Amali saat konferensi pers di stadion Manahan Solo.

Di penghujung kompetisi Piala Menpora ini, Menpora Amali memastikan bahwa protokol kesehatan diterapkan secara merata dan disiplin. Dia pun mencontohkan, orang yang akan masuk di stadion baik dari official klub atau tenaga pendukung akan mendapatkan gelang berbeda dalam setiap pertandingan. Sehingga gelang yang sudah digunakan sebelumnya tidak bisa digunakan kembali pada pertandingan berikutnya.

Diketahui, jumlah yang boleh masuk di stadion saat pertandingan berlangsung maksimal 299 orang. Jumlah itu sudah termasuk official klub, tenaga pendukung dan media. "Jadi tidak ada orang yang bisa menggunakan gelang yang sudah pernah dipakai sebelumnya ya. Jadi ini sekali lagi juga ini ID atau tanda keseriusan dari PSSI dan penyelenggara melakukan turnamen pramusim Piala Menpora ini," ujarnya.

Menurut Amali, penerapan protokol kesehatan secara merata dan disiplin tidak hanya dilakukan di satu stadion saja. Tapi di semua stadion yang menjadi lokasi pertandingan Piala Menpora 2021.

"Saya sudah saksikan di beberapa tempat. Kan saya bukan hanya di Solo (stadion Manahan) tetapi di beberapa tempat saya datang. Alhamdulillah penerapan protokol kesehatan sungguh-sungguh dan serius disiplin, maka apa yang dikhawatirkan sebelumnya, alhamdulillah tidak terjadi. Sekali lagi apresiasi dan terimakasih," pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Menpora Amali mengaku selalu melaporkan perkembangan kompetisi Piala Menpora kepada Presiden Joko Widodo. Dan Presiden sangat mengapresiasi kepada PSSI, penyelenggara dan suporter.

"Beliau sangat apresiasi dan terimakasih kepada PSSI, kepada penyelenggara dan juga pada para penggemar sepakbola seluruh tanah air. Khususnya para suporter yang punya komitmen tinggi untuk menjaga kesepakatan awal bahwa tidak ada penonton m, tidak ada kerumunan, tidak ada nonton bareng. Protokol kesehatan sampai hari ini masih tetap dijalankan dengan disiplin," jelas Amali.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Menpora Amali dan Satgas COVID-19 yang telah mendukung kompetisi pramusim hingga berjalan dengan lancar dan aman sampai saat ini.

"Ini menjadi awal yang baik bagi federasi menjelang kita akan melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Mudah- mudahan tinggal 2 pertandingan, hari ini rebut juara 3 dan 4 dan besok laga final. Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan pemerintah bisa betul-betul memberikan izin Liga 1 dan Liga 2," harapnya. ***

wwwwww