Home  /  Berita  /  Ekonomi

Sanggam Hutapea Bangga Menparekraf Sandiaga Uno Serius Garap Wisata di Pulau Sumatera

Sanggam Hutapea Bangga Menparekraf Sandiaga Uno Serius Garap Wisata di Pulau Sumatera
Sanggam Hutapea latar belakang Danau Toba, Candi Muara Takus dan Jam Gadang. (Kolase GoNews)
Jum'at, 23 April 2021 19:45 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Pemerhati dan pelaku pariwisata Ir. Sanggam Hutapea, mengapresiasi dan bangga atas perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terhadap kemajuan wisata di Pulau Sumatera.

"Menpar Sandiaga Uno terlihat serius. Itu dibuktikan dengan berkunjung ke Sumatera Barat, dalam rangka membangkitkan pariwisata eksotis berbasis keindahan alam," ujar Alumnus Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu kepada GoNews.co, Jumat (23/4/2021) di Jakarta.

Sanggam Hutapea pun mendorong agar Sandiaga Uno juga mengunjungi destinasi wisata lainnya yang ada di Sumatera, seperti di Bengkulu Jambi, Batam, Riau, dan Kepulauan Riau. "Dengan begitu, Pak Menteri bisa memberikan gambaran yang utuh akan potensi wisata di Sumatera, mulai dari Aceh hingga Lampung. Apa lagi di Sumsel, Jambi dan Sumatra Utara, banyak situs-situs budaya yang harus dikembangkan," tukasnya.

Potensi wisata di Sumatera kata Dia, kaya akan keindahan alam dan budaya. Oleh karena itu dirinya selalu menyuarakan konsep Sumatera Adventure. "Saya yakin jika pengembangan pariwisata di wilayah Sumatera ( Aceh, Sumut, Riau, Sumbar, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung) menjadi satu kesatuan, maka Sumatera Adventure dapat menjadi lokomotif ekonomi baru bagi masyarakat," ujarnya.

Pengembangan wisata berbasis alam (nature) dan budaya (culture) di wilayah Sumatera menurut Sanggam Hutapea, merupakan langkah tepat. Sebab keseriusan Presiden Joko Widodo membangun infrastruktur untuk koneksi tol Jawa-Sumatera menjadi momen yang harus dimanfaatkan mengembangkan potensi-potensi wisata di Sumatera.

"Pembangunan infrastruktur berupaya jalan tol Sumatra harus dimanfaatkan para Gubernur di wiilayah Sumatera guna mengembangkan potensi wisatanya, serta mewujudkan Sumatera Adventure yang akan menantang wisatawan berpetualang menikmati keindahan alam, budaya, sejarah serta kuliner di Sumatera," kata Sanggam.

Untuk mewujudkan Sumatera Adventure menjadi paket wisata, menurut Sanggam, akan lebih cepat dan mudah apabila para gubernur se-wilayah Sumatera membentuk forum bersama, sebagai wadah melakukan pertemuan rutin guna memetakan potensi potensi wisata yang dimiliki masing-masing.

"Saya yakin setiap wilayah di Sumatera memiliki potensi wisata yang berbeda-beda. Potensi inilah yang digodok menjadi satu kesatuan sebagai paket wisata Sumatera Adventure," kata Sanggam.

Sanggam juga yakni, jika kepala daerah sudah satu persepsi dengan paket Sumatera Adventure dalam konsep pariwisata yang berkelanjutan, maka tidak ada lagi kata untuk saling bersaing.

Dia pun mendorong Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno lebih memperhatikan dan mengembangkan potensi pariwisata di wilayah Sumatera, sebagai salah satu pusat destinasi wisata dengan standar internasional.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/