Home  /  Berita  /  Umum

Meski Harga Ikan Kembung Terjangkau Tetapi Ada Sejuta Manfaat Yang Bisa Anda Rasakan

Meski Harga Ikan Kembung Terjangkau Tetapi Ada Sejuta Manfaat Yang Bisa Anda Rasakan
Jum'at, 23 April 2021 12:15 WIB

Harga ikan kembung yang terjangkau terkadang dipandang sebelah mata oleh sebagian orang jika dibandingkan dengan harga ikan salmon.Meskipun harganya terjangkau tetapi kandungan gizi ikan kembung juga dipercaya lebih tinggi dibandingkan ikan salmon.

Namun orang masih mengira jika kandungan ikan salmon lebih tinggi karena harganya pun terbilang juga lebih tinggi. Memiliki rasa yang gurih dan enak membuat ikan kembung mudah untuk diolah menjadi bermacam menu olahan. Apalagi ikan kembung mudah pengolahannya seperti salah satunya dengan membakar ikan kembung yang sudah dibalur jeruk nipis beserta lombok biji.

Anda bisa dengan mudah menemukan ikan kembung di pasaran. Ada dua jenis ikan kembung yaitu kembung banjar dan kembung como. Bentuk tubuh ikan kembung banjar lebih panjang tanpa adanya sisik keras yang ada di dekat ekornya. Dagingnya bertekstur lebih padat. Ikan kembung como bentuk tubuhnya besar dan juga lebar dengan sisik keras di dekat ekornya. Tekstur dagingnya sendiri lebih lembut. Saat membeli ikan, usahakan untuk memilih ikan yang matanya bening, dagingnya kenyal dengan aroma segar.

Meski sebagian orang mengira ikan kembung tidak mempunyai kandungan nutrisi yang cukup, nyatanya ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Mempunyai Kandungan Lemak Baik

Omega 6/lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam ikan kembung berperan penting mengontrol kadar gula darah khususnya pada penderita diabetes. Selain itu, ada lagi kandungan omega 9 atau lemak tak jenuh rantai ganda juga termasuk dalam lemak baik yang menyehatkan.

Kandungan omega 6 dan omega 9 mempunyai manfaat bagi kesehatan jantung. Termasuk menurunkan penyakit aritmia, stroke serta serangan jantung. Ada juga kandungan asam lemak omega 3 yang tentunya dibutuhkan tubuh karena memiliki manfaat untuk memperbaiki kadar lemak dalam tubuh. Mengingat asam lemak omega 3 tidak bisa diproduksi tubuh sehingga Anda bisa mengkonsumsi ikan kembung untuk memperolehnya.

Perlu diketahui jika kandungan asam lemak omega 3 pada ikan kembung berkisar 2,2 per 100 gram. 

Tentunya lebih tinggi dibanding ikan salmon yang hanya berkisar 1,6. Jadi, masihkah Anda menganggap ikan kembung tidak kaya nutrisi.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun harga ikan kembung tergolong murah, ternyata ikan kembung juga bermanfaat dalam proses menurunkan berat badan. Cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Tak perlu membeli ikan dengan harga mahal cukup dengan membeli ikan kembung. Meski terdapat kandungan lemak jenuh tapi hanya 4,2 per 100 gram. Jadi ikan kembung dianjurkan sebagai menu program diet Anda.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan kembung memiliki kandungan kalsium serta vitamin D. Kedua zat tersebut mempunyai peranan yang penting dalam kesehatan tulang. Vitamin D tidak hanya baik untuk kesehatan tulang tetapi juga baik untuk kesehatan gigi agar tidak mudah goyah.

Berkat kedua kandungan penting tersebut, ikan kembung sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Mulai saat ini, jangan lupa sertakan ikan kembung sebagai konsumsi wajib dalam olahan menu masakan Anda ya.

4. Memiliki Manfaat Untuk Perkembangan Janin

Seperti yang telah disebutkan, ikan kembung memiliki kandungan omega 3 tinggi. Pastinya kandungan omega 3 baik untuk tumbuh kembang janin. Kandungan asam lemak omega 3 juga terbukti dapat mengembangkan IQ serta psikomotorik bayi dan anak. Jadi, bagi Anda yang saat ini sedang hamil, jangan lupa mengkonsumsi ikan kembung.

5. Sumber Antioksidan

Ikan kembung tidak hanya memiliki kandungan gizi yang banyak tetapi juga menjadi salah satu sumber antioksidan. Adanya kandungan selenium pada ikan kembung mempunyai peranan sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi ikan kembung, Anda juga bisa mencegah penuaan dini

6. Membantu Menghancurkan Trigliserida

Trigliserida dihasilkan dari organ hati tetapi sebagian besar berasal dari makanan. Salah satu jenis lemak ini banyak ditemukan dalam darah. Jika trigliserida melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh maka dapat mempengaruhi peningkatan kadar trigliserida di dalam darah. Hal tersebut dapat memicu penebalan dinding pembuluh darah dan berpotensi menyebabkan stroke hingga serangan jantung. Anda bisa berupaya menghancurkan trigliserida tersebut dengan membeli harga ikan kembung yang terjangkau tersebut dan rajin mengkonsumsinya. 

Kategori:Umum
wwwwww