Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Otda Kemendagri Siapkan Mesin Anjungan Mutasi ASN

Otda Kemendagri Siapkan Mesin Anjungan Mutasi ASN
Pejabat Kemendagri saat sosialisasi anjungan Simudah. (foto : ist./puspen kemendagri)
Jum'at, 16 April 2021 22:46 WIB
JAKARTA - Ditjen Otda Kemendagri (Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri) telah menyiapkan mesin anjungan Simudah (Sistem Informasi Mutasi Daerah). Anjungan ini akan mempermudah ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam melakukan pengecekan dan pencetakan SK Mutasi mereka.

Puspen Kemendagri menerangkan bahwa Anjungan Simudah sudah diperkenalkan dan disimulasikan kepada seluruh Kepala BKD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang mengikuti Rapat Virtual Sinkronisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Otonomi Daerah di De Boekit Coffee, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/4/2021) sore.

Direktur Fasilitasi Kelembagaan Kepegawaian dan Perangkat Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Cheka Virgowansyah yang hadir sebagai pembicara mengatakan, setiap ASN di berbagai daerah cukup dengan NIP dan tampilan wajahnya sudah dapat mengecek pengajuan mutasi dan SK yang diajukan secara online. Anjungan Simudah akan dirilia pada Hari Otonomi Daerah Tahun 2021.

"(Kemudian, red) peralatan ini akan disebar ke seluruh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota," kata Cheka sebagaimana dikutip GoNEWS.co.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik mengatakan, dengan Anjungan Simudah maka mutasi bukan lagi menjadi hal yang rumit bagi ASN karena lebih mudah mencari tempat berdinas demi karir ke depan. "Jadi kehadiran Simudah ini betul-betul mempermudah karir ASN sekaligus mempermudah reformasi birokrasi,".

Sementar itu, Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Imas Sukmariah yang hadir sebagai pembicara pada acara tersebut menambahkan, kehadiran Simudah mempermudah ASN memantau proses pengajuan mutasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD), BKN dan Kemendagri.

"Setiap keputusan bisa dilihat oleh setiap ASN yang mengajukan mutasi. Ini menjawab bahwa proses mutasi ini memang mudah dan akuntabel," ujarnya.

Dengan makin mudahnya proses mutasi ASN daerah, Imas Sukmariah yakin, akan terjadi distribusi kompetensi yang merata pada pemerintah daerah di seluruh Indonesia.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Nasional
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/