Home  /  Berita  /  Umum

Sebagian Umat Islam di Sumbar Mulai Puasa Hari Ini

Sebagian Umat Islam di Sumbar Mulai Puasa Hari Ini
Umat Islam shalat Tarawih (ilustrasi). (kompas.com)
Senin, 12 April 2021 08:52 WIB
PADANG - Sebagian kecil umat Islam di Sumatera Barat (Sumbar) sudah mulai menunaikan ibadah puasa Ramadhan mulai hari ini, Senin (12/4/2021). Mereka merupakan jamaah Tarekat Naqsabandiyah.

Dikutip dari Kompas.com, Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Edizon Revindo, mengatakan, ada sekitar 2.500 jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar yang mulai puasa Ramadan pada Senin. Mereka sudah mulai shalat Tarawih pada Ahad (11/4/2021) malam.

''Berdasarkan penghitungan kalender hisab munjid yang kita percayai, 1 Ramadhan tahun ini jatuhnya pada Senin (12/4/2021),'' kata Edizon Revindo saat dihubungi Kompas.com, Ahad (11/4/2021).

Dituturkan Edizon, penghitungan kalender hisab munjid itu berdasarkan pada awal puasa tahun lalu. Puasa tahun lalu dilaksanakan pada hari Kamis, sehingga puasa hari ini dilaksanakan pada Senin.

''Berdasarkan hisab munjid itu puasa lebih cepat 5 hari dari hari tahun lalu,'' kata Edizon.

Pelaksanaan shalat Tarawih, kata Edizon, dilaksanakan mulai Ahad (11/4/2021) malam di surau atau masjid tarekat yang tersebar di Sumbar.

''Ada sekitar 2.500 jamaah Tarekat Naqsabandiyah yang ada di Sumbar. Mereka tersebar di Padang, Pesisir Selatan, Payakumbuh, Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan lainnya,'' jelas Edizon.

Dikatakan Edizon, pelaksanaan shalat Tarawih menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

''Pemerintah kan tidak melarang, makanya kita laksanakan Tarawih dengan protokol kesehatan,'' jelas Edizon.***

Editor:hasan b
Sumber:kompas.com
Kategori:Umum
wwwwww