Home  /  Berita  /  Umum

Otsus Bukan Solusi, Orang Papua Maunya Apa?

Otsus Bukan Solusi, Orang Papua Maunya Apa?
Ilustrasi orang Papua dalam sebuah tarian dengan Bendera Merah Putih. (foto: dok. ist./via boombastis)
Sabtu, 13 Maret 2021 12:14 WIB
JAKARTA - Anggota DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah) RI dari Papua, Filep Wamafma, mengungkapkan bahwa menurut rakyat Papua dan kelompok-kelompok di Papua, UU Otsus (Undang-Undang Otonomi Khusus) bukan lagi solusi. Pemerintah pusat diharap membuka ruang bahwa otsus itu bukan satu-satunya kebijakan urgent bagi rakyat Papua.

"Bagi saya otsus itu bukan kebijakan satu-satunya, namun masih banyak kebijakan lain yang membangun Papua. Bagaimana kalau Papua tanpa otonomi khusus? Nah, ini yang harus dipikirkan oleh masyarakat Papua dan bukan sebaliknya Pemerintah memaksa Otsus dengan segala konsekuensi yang ada," kata Filep dikutip GoNews.co dari pernyataan pers Sabtu (13/3/2021).

Perjalanan Otsus selama 20 tahun sebelumnya, juga harus dievaluasi secara transparan. Menurutnya, otsus kemarin tidak berdampak signifikan dalam kehidupan atau kesejahteraan masyarakat. Jadi, "Jangan memaksakan (otsus, red)!".

"Bahkan karena kebijakan ini, membuat sejumlah penolakan dari rakyat Papua. Hal ini memakan korban dari kalangan rakyat sipil dan ini sesuatu yang tidak bagus. Biarlah demokrasi memberikan ruang untuk menentukan," kata Filep.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77