Home  /  Berita  /  GoNews Group

IMORI Apresiasi Polri Atas Izin Keramaian Piala Menpora

IMORI Apresiasi Polri Atas Izin Keramaian Piala Menpora
Ketua Umum DPP IMORI, Fadly Idris.
Sabtu, 20 Februari 2021 20:07 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Olahraga Indonesia (DPP IMORI), Fadly Idris mengapresiasi keputusan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang memberikan izin keramaian untuk pelaksanaan turnamen pramusim sepak bola nasional Piala Menpora 2021 yang rencananya bergulir 20 Maret-25 April.

Keputusan yang diambil Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pada 18 Februari itu merupakan tindakan tepat yang ditunggu oleh pecinta sepakbola Indonesia yang haus akan hiburan selama pandemic covid 19.

“Pak Kapolri mengambil langkah yang tepat, masyarakat sudah menanti event olahraga yang menjadi hiburan ditengah situasi negeri saat ini, semoga semua elemen yang terlibat dapat menjaga protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya”, ujar Fadly, Jumat (19/2/2021).

Fadly menuturkan semua pihak harus bisa mensukseskan turnamen pramusim ini agar kelanjutan sepakbola Indonesia berjalan lancar dan menjadi babak baru dalam menciptakan prestasi untuk timnas Indonesia.

“Jika turnamen berjalan baik, event selanjutnya pun akan lebih mudah dalam penyelenggaraannya. Klub,Pemain, supporter dan penyelenggara pertandingan semoga memberikan kerja terbaiknya, sepakbola di Negara lain dapat melakukan, kenapa Indonesia tidak? Semoga ini babak baru untuk meningkatkan prestasi Indonesia”, Ujar Fadly yang juga merupakan Penerima Beasiswa Berprestasi S2 UNJ Kemenpora RI.

Sementara Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa dirinya dari awal yakin Polri dapat merumuskan yang terbaik terkait pelaksanaan turnamen pramusim. Dan, senada dengan Kapolri, Zainudin pun meminta semua pihak untuk mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik selama kompetisi. Hal itu juga menjadi permintaan Presiden Joko Widodo yang disampaikan langsung kepada dirinya.

"Bapak Presiden menitipkan pesan supaya protokol kesehatan itu benar-benar dijaga. Presiden bilang, jangan sampai mengorbankan masyarakat. Dan saya sampaikan, kami juga berkomitmen untuk menjaga itu," kata Menpora.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 akan diikuti 20 tim, yaitu 18 klub Liga 1 dan dua tim dari Liga 2. Kompetisi akan melalui babak penyisihan grup. Penyelenggara menetapkan ada empat grup, di mana satu grup diisi lima tim. Setiap grup nantinya menjalankan semua pertandingan di wilayah yang sudah ditetapkan.

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Solo, Bandung, Sleman dan Malang. Namun, disiapkan pula tempat lain sebagai alternatif yakni Solo, Bandung, Malang dan Palembang.

"Semoga semua pemangku kepentingan sepak bola, baik klub, pemain dan juga para suporter dapat menjaga komitmen bersama terutama terkait protokol kesehatan yang menjadi prioritas," ujar Listyo.

Kemudian, Kapolri menegaskan bahwa turnamen pramusim ini menjadi indikator untuk penerbitan izin Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Pria asal Maluku itu menyebut bahwa pihaknya tidak segan dalam membuat keputusan andai turnamen pramusim tidak dapat berjalan sesuai rencana. "Kalau turnamen pramusim dapat berjalan dengan baik, penegakan aturan terkait protokol kesehatan berjalan dengan baik, maka kami akan memberikan kelonggaran untuk turnamen selanjutnya. Namun, kalau tidak, tentu kami akan melakukan evaluasi," tutur Listyo.

Kapolri pun berharap turnamen pramusim, yang akan disebut sebagai Piala Menpora 2021, bisa hiburan bagi masyarakat yang sedang terkungkung pandemi COVID-19.

Kepala Bareskrim Polri 2019-2021 itu juga memiliki asa baik PSSI maupun Kemenpora dapat menemukan pemain-pemain terbaik dari turnamen pramusim yang dapat mewakili Indonesia di berbagai kompetisi internasional termasuk SEA Games 2021 dan Piala Dunia U-20 2023. ***

wwwwww