Home  /  Berita  /  GoNews Group

TC ke China, Wushu DKI Jakarta Target 6 Emas di PON Papua 2021 

TC ke China, Wushu DKI Jakarta Target 6 Emas di PON Papua 2021 
aManajer Tim Pelatda Wushu DKI Jakarta, Herman Wijaya.
Senin, 15 Februari 2021 15:16 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Dalam rangka persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Oktober 2021, Pengprov WI DKI Jakarta pimpinan Gunawan Tjokro telah merekrut sebanyak 18 atlet wushu terdiri dari 10 atlet Taolu dan 8 atlet Sanda. 

Di bawah asuhan dua pelatih asal China yakni Feng Chen (Taolu) dan Den Xia Wen (Sanda), mereka sudah menjalani program pemusatan latihan atlet daerah (pelatda) wushu DKI Jakarta sejak Januari 2021. 

Pada PON Papua 2021, Manajer Tim Pelatda Wushu DKI Jakarta, Herman Wijaya yang dihubungi Senin (15/2/2021),  mengatakan, pihaknya tidak mau menjanjikan target muluk-muluk. Dari 23 medali emas yang diperebutkan di Papua nanti, Pengprov Wushu DKI Jakarta akan berusaha mempertahankan 6 medali emas seperti yang diraih pada PON XIX Jawa Barat 2016. 

"Target Pengprov DKI Jakarta hanya meriah 6 medali emas seperti pada PON Jabar 2016. Itu tidak muluk-muluk. Syukur-syukur bisa melampauinya dengan meraih 7 hingga 8 emas," kata Herman Wijaya. 

Target mempertahankan perolehan 6 medali emas itu, kata Herman Wijaya yang juga pemilik Sasana Wushu Rajawali Sakti Jakarta, cukup realistis. Pasalnya, daerah lain juga telah melakukan persiapan maksimal untuk bisa meraih prestasi puncak di ajang pesta olahraga akbar empat tahunan nasional tersebut. 

Atlet Taolu sedang latihan.

"Kita tidak boleh menganggap enteng lawan yang bakal dihadapu di Papua nanti. Karena, Pengprov Wushu lain juga melakukan persiapan maksimal untuk merebut medali emas," ujarnya. 

Untuk mengantisipasi persaingan yang ketat di Papua nanti, kata Herman Wijaya, Pengprov Wushu DKI Jakarta akan mengirimkan 15 atlet untuk menjalani Trainning Camp (TC) ke China yang djjadwalkan Juli mendatang. 

"Rencananya sih, 15 atlet pelatda wushu DKI Jakarta akan dikirim ke China untuk menjalani dalam upaya meningkatkan prestasinya selama dua bulan," ungkapnya. 

Atlet Sanda sedang melakukan latihan.

Selain TC, jelas Herman Wijaya, sebanyak 15 atlet wushu Pelatda DKI Jakarta akan menjalani serangkaian uji coba di berbagai event baik yang digelar di China maupun Hong Kong. "Even yang kita ikuti akan dipilih dimana peserta yang tampil harus berkualitas. Jadi, mereka bisa menambah jam terbang dan melihat perkembangan prestasi yang telah dicapainya. Ini penting sekali dalam upaya mengevaluasi penampilan mereka dan melihat kelemahan agar bisa memberikan penampilan terbaik pada saat tampil di Papua nanti," tandasnya. 

Tim Pelatda Wushu DKI Jakarta: 

Manajer Tim : Herman Wijaya 

Pelatih Kepala Taolu : David Hendrawan 

Pelatih : Feng Chen (China)

Pelatih Kepala Sanda : Maruly

Pelatih : Den Xia Wen (China)

Atlet Wushu Taolu 

1. Edgard Xavier Marvelo

2. Erwein Wijayanto

3. Jason 

4. Kelvin Young

5. Muhammad Abdul Harist 

6. Adi 

7. Nandhira 

8. Nadya Permata Setiawan 

9. Diva 

10. Ilsa

Atlet Wushu Sanda : 

1. Boston

2. Vicky

3. Jumanta 

4. Bolang 

5. Amanda 

6. Diandra

7. Nurhandayani

8. Ryan. ***

wwwwww