Home  /  Berita  /  GoNews Group

Istana Lantik Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut

Istana Lantik Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut
Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wagub Kaltara dan Sulut, Senin (15/02/2021) pagi, di Istana Negara, Jakarta. (foto: ist./setkab)
Senin, 15 Februari 2021 11:14 WIB
JAKARTA - Presiden RI (Republik Indonesia), Joko Widodo melantik Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut (Sulawesi Utara) masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (15/02/2021) pagi.

SK (Surat Keputusan) Presiden tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur Sulut ditetapkan di Jakarta pada 9 Februari 2021.

"Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti pada masyarakat, nusa, dan bangsa," ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan, sebagaimana dikutip GoNews.co dari publikasi istana.

Pelantikan itu dihadiri oleh undangan terbatas sekitar 20 orang termasuk Mendagri (Menteri Dalam Negeri), Tito Karnavian, Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara), Pratikno, Seskab (Sekretaris Kabinet), Pramono Anung serta pejabat terkait lainnya.

Sebagai informasi, Rapat Pleno KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Sultra menetapkan Olly Dondokambey-Steven Kandouw sebagai pemenang Pilkada Sulut 2020 pada 21 Januari 2021, dengan perolehan suara sebanyak 821.503 suara atau 57,10 persen dari total suara sebanyak 1.462.605 suara.

Bendahara DPP PDIP (Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan) itu diusung 'Banteng' yang berkoalisi dengan Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya), Partai Perindo (Persatuan Indonesia), PSI (Partai Solidaritas Indonesia), PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dan PPP (Partai Persatuan Pembangunan).

Selain Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw, Presiden juga melantik Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara (Kalimantan Utara). .***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Nasional, GoNews Group
wwwwww