Home  /  Berita  /  GoNews Group

Dua Kader PDIP Digadang Nyapres 2024, Masyarakat Pilih yang Mana?

Dua Kader PDIP Digadang Nyapres 2024, Masyarakat Pilih yang Mana?
Ilustrasi. (gambar: kolase ist.)
Kamis, 11 Februari 2021 13:52 WIB
JAKARTA - Dua kader PDIP (Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan) yakni, Puan Maharani dan Ganjar Pranowo  digadang-gadang untuk meneruskan kekuasaan Presiden Jokowi yang habis masa jabatannya pada 2024. Jokowi juga dikenal sebagai 'petugas partai' tersebut.

Belakangan ini, telah muncul gerakan relawan penggadang Puan. GMPN (Gema Puan Maharani Nusantara) yang di tingkat nasional dipimpin oleh Dadi Palgunadi misalnya, diberitakan terus melebarkan sayap gerakannya. Terbaru, Gema Puan Maharani Nusantara telah membentuk DPD (Dewan Pengurus Daerah) GPMN Kabupaten Gunungkidul. DPD Gema Puan Maharani Nusantara Gunung Kidul ini diketuai oleh mantan Sekda (Sekretaris Daerah) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Di media sosial IG (Instagram), terpantau ada beberapa akun yang mengasosiasi kepengurusan Gema Puan Maharani Nusantara tingkat daerah, diantaranya; @gpmn_dpd_dki, @gpmn_banten, @gpmn_sumbar, @gmn_cirebonraya, dan @gpmn.provbengkulu,

Puan Maharani sendiri, memiliki akun resminya sebagai Ketua DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia). Pantauan GoNews.co pada Kamis (11/2/2021), akun Puan Maharani telah diikuti oleh 8.677 akun. Video biografi singkat cucu Proklamator Kemerdekaan RI itu di IGTV-nya telah ditonton sebanyak 19,5 ribu.

Sementara Ganjar, tak terpantau nama resmi relawan penggadang Gubernur Jawa Tengah itu. Tapi di IG, tagar #ganjarpresiden2024 diisi termasuk unggahan catatan elektabilitas Ganjar yang terus naik. Video-video Ganjar di IGTV akun resminya juga ditonton ribuah hingga ratusan ribu kali. Video saat Ganjar menemui massa aksi unjuk rasa tolak Omnibuslaw Cipta Kerja bahkan telah ditonton sebanyak 1,3 juta kali.

Secara elektabilitas survey yang dilakukan lembaga, Ganjar menempati urutan ke-4 top of mind Presiden Indonesia. Ini adalah hasil Survey IndexPolitica terhadap 1.620 responden nasional pada 18-28 Januari 2021. Nama Puan tak masuk radar publik mengenai top of mind Presiden Indonesia dalam survey ini.

Sebagai pengingat, nama Ganjar dan Puan, juga masuk dalam daftar konvensi capres (calon presiden) 2024 yang dinalisa Sekjen (Sekretaris Jenderal) Partai Hanura, Gede Pasek Suardika. Gede menyampaikan analisanya dalam sebuah tulisan berjudul 'Kabinet Konvensi Capres-Cawapres' yang diterima redaksi usai Presiden Jokowi melakukan kocok ulang kabinet pada Desember 2020 lalu.

"Masih ada di luar kabinet yang punya sinar kuat seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil lewat jalur kepala daerah. Di sisi lain Puan Maharani dan Bambang Soesatyo juga mencoba membangun citra diri dari Senayan," kata Pasek, seperti dikutip kembali Kamis (11/2/2021)***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Politik, Nasional, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/