Home  /  Berita  /  Umum

KTP Digital Masuk 'Roadmap' Dukcapil

KTP Digital Masuk Roadmap Dukcapil
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah saat menjelaskan komposisi nomor induk kependudukan (NIK) KTP-el. (foto: ist./dok. dukcapil buleleng)
Senin, 01 Februari 2021 10:07 WIB
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah berdampak pada percepatan digitalisasi di berbagai bidang, termasuk kedukcapilan nasional. Ditjen Dukcapil Kemendagri mengonfirmasi bahwa KTP Digital adalah inovasi yang dimungkinkan dari sisi teknologi.

"Iya sudah masuk dalam roadmad Dukcapil," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah kepada GoNews.co, Senin (1/2/2021).

Dalam KTP elektronik atau KTP-el masyarakat yang berlaku saat ini, blanko yang digunakan juga sudah sarat teknologi. Tak banyak yang tahu, ada chip di dalam KTP-el.

Belum disebut kapan KTP digital akan mulai diproduksi. Tapi bicara roadmap Dukcapil, sentralisasi layanan kedukcapilan online akan lebih dulu dirilis pada pada semester pertama tahun 2021.

"Mengenai Dukcapil online, selama ini kan Dinas-Dinas Dukcapil membuat sendiri, ke depan akan kita jadikan terpusat di aplikasi Dukcapil Online yang saat ini sudah live (bisa diakses, red). Aplikasi Dukcapil online tersebut kami bangun sendiri dan tentu dengan bekerjasama dengan BSSN RI," kata Zudan.

Zudan berharap, inovasi-inovasi teknologi di kedukcapilan tersebut bisa semakin meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat.

"Seperti kami sampaikan sebelumnya, peningkatan pelayanan Adminduk menjadi prioritas utama kami, khususnya di tahun 2021 ini," pungkas Zudan.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Nasional, Pemerintahan, Umum
wwwwww