Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Tito Jelaskan Kenapa Vaksinasi harus Dipercepat

Tito Jelaskan Kenapa Vaksinasi harus Dipercepat
Mendagri Tito Karnavian dalam suatu. (foto: ist./puspen kemendagri)
Minggu, 31 Januari 2021 09:21 WIB
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, menyatakan bahwa kunci dari suksesnya program vaksinasi massal Covid-19 adalah kecepatan.

"Vaksinasi ini tidak hanya sekedar untuk melakukan proteksi perorangan, tapi juga dalam rangka membangun kekebalan kelompok atau herd immunity. Prinsip herd immunity ini adalah minimal 2/3 dari populasi harus memiliki antibody pada time frame yang sama, sehingga program vaksinasi ini kuncinya adalah kecepatan," kata Tito dalam keterangannya yang dikutip Minggu (31/1/2021).

Untuk mendukung percepatan ini, kata Tito, tentu harus ada kerjasama antara pusat dan daerah, karena Indonesia menganut sistem desentralisasi.

"Kita memiliki sistem politik pembagian kekuasaan, dimana ada Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, bahkan Pemerintah Desa, yang mana Kepala Desanya adalah pejabat politik karena dipilih oleh rakyat dan memiliki anggaran sendiri (APBDes)," kata Tito.

Hal yang paling utama adalah mendukung ppercepatan vaksinasi, lanjut Tito, adalah persiapan rinci mengenai kesiapan infrastruktur vaksinasi, "Kemudian yang berikutnya lagi adalah mengenai masalah vaksinator, sarana prasarana, target yang akan divaksinasi, dan mitigasi KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Sebelumnya, Tito telah menyampaikan dorongannya atas percepatan vaksinasi massal Covid-19. Ia menilai vaksinasi sebagai game changer dari situasi pandemi saat ini.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Kesehatan, Nasional, Pemerintahan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/