Home  /  Berita  /  GoNews Group
BWF World Tour Final 2021

Wakil Indonesia di Ganda Campuran Tak Tersisa

Wakil Indonesia di Ganda Campuran Tak Tersisa
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. (PBSI)
Sabtu, 30 Januari 2021 00:52 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTADua pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti gagal maju ke semifinal. Mereka tersingkir pada hari ketiga babak penyisihan grup ajang BWF World Tour Finals 2020, Jumat (29/1/2021). 

Pada laga yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Hafiz/Gloria dikalahkan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia), dengan rubber game, 21-17, 13-21, 13-21. Sedangkan Praveen/Melati ditaklukkan wakil Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung, 10-21, 13-21.
 
Dengan kekalahan tersebut, Indonesia tidak memiliki lagi wakil pada ganda campuran untuk melaju ke semifinal yang digelar Sabtu (30/1/2021). 
 
Nova Widianto, pelatih ganda campuran, menyebutkan bahwa Hafiz/Gloria memang mengalami penurunan kecepatan, khususnya pada gim ketiga. Selain itu, ada hal teknis yang perlu diperbaiki.
 
"Sebenarnya, penampilan Hafiz/Gloria lebih baik daripada pertandingan-pertandingan lalu. Hanya pada gim ketiga, fisik mereka sudah tidak tahan. Kecepatannya juga menurun," ungkap Nova.
 
"Masih banyak hal-hal teknis yang harus diperbaiki oleh Hafiz/Gloria. Terutama akurasi dan variasi serangan mereka. Karena serangannya boros dan cenderung monoton, sehingga menguras tenaga dan stamina," tambahnya.
 
Sementara Praveen/Melati, pada gim pertama tidak diberi kesempatan lawan untuk mengembangkan permainan. Dalam 11 menit, Seung Jae/Yu Jung bisa menyelesaikan gim pertama dengan skor 21-10. 
 
"Praveen/Melati saat masuk ke lapangan seperti tidak yakin, karena Praveen tangannya bermasalah, tidak bisa smash full. Jadi mereka seperti tidak yakin duluan sejak awal masuk ke lapangan," jelas Nova.
 
"Katanya smash tidak bisa full, tapi sudah dibantu dengan minum obat dan terapi. Keduanya memang masih banyak pekerjaan rumah. Paling penting menjaga mood, mereka kadang seakan tidak greget di lapangan," tuturnya.
 
Sebelumnya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga tidak lolos ke babak semifinal. Pada babak penyisihan terakhir hari ini, pasangan ganda putri ini dikalahkan Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia), 13-21, 17-21. 
 
Pada tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting sudah mengalami kekalahan dua kali, oleh Viktor Axelsen (Denmark) dan Chou Tien Chen (Chinese Taipei). Hal ini menyebabkan Ginting tidak dapat lolos ke semifinal, meski pada penyisihan terakhir unggul atas Lee Zii Jia (Malaysia), 21-15, 15-21, 21-13.
 
Dengan hasil tersebut, Indonesia hanya menyisakan satu wakil di semifinal. Yaitu, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. 
 
Dari hasil undian yang dilakukan Jumat (29/1) malam, Ahsan/Hendra akan kembali bertemu Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae pada semifinal Sabtu (30/1). Sebelumnya, wakil asal Negeri Ginseng ini telah mengalahkan The Daddies pada penyisihan grup B Kamis (28/1) dengan skor 21-19, 21-16 dan perempat final Yonex Thailand Terbuka, Jumat (15/1) lalu, dengan skor 21-16, 21-19. ***
 

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77