Home  /  Berita  /  Politik

Spekulasi Islam sebagai Dasar dan Ideologi Bangsa, Fadel Muhammad: Pancasila Sudah Final

Spekulasi Islam sebagai Dasar dan Ideologi Bangsa, Fadel Muhammad: Pancasila Sudah Final
Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad. (Foto: Istimewa)
Sabtu, 30 Januari 2021 18:35 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
SEMARANG - Dihadapan perwakilan pemuda dan mahasiwa Kota Semarang, Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad menegaskan bahwa Pancasila sebagai dasar dan Ideologi Bangsa Indonesia bersifat final.

Menurutnya, keputusan menjadikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi Bangsa Indonesia, bersifat final dan tidak bisa diubah-ubah lagi. Karena kesepakatan tersebut diterima dan diakui oleh para pendiri bangsa termasuk pemuka agama.

"Tidak benar kalau ada yang menganggap, seolah olah agama Islam akan menjadi dasar negara Indonesia, meskipun mayoritas masyarakat beragama Islam," kata Fadel Muhammad.

Pernyataan itu disampaikannya saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR, dihadapan anggota Karang Taruna Kota Semarang dan Kabupaten Demak, juga mahasiswa Unisula dan UIN Walisongo Semarang, Sabtu (30/1/2021), di sekretariat Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Rakyat Indonesia kata Fadel, sudah waktunya berlaku semakin dewasa dalam mencerna setiap informasi yang berkembang di masyarakat. Apalagi, saat ini banyak bermunculan informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Termasuk informasi seputar spekulasi menjadikan Islam sebagai dasar dan ideologi berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan tersebut, mantan Gubernur Gorontalo, itu mengajak para pemuda untuk terus mengembangkan potensi dirinya masing-masing. Mulai dari kemauan untuk maju dan terus berkembang. Kemauan memperluas jaringan dan pertemanan. Juga kemauan untuk berkuasa.

"Tingkatkanlah kapasitas dirimu untuk terus belajar. Gunakanlah kesempatan, sekecil apapun yang menghampirimu. Dan gunakanlah strategi yang tepat untuk mencapai cita-citamu. Bila semua itu dilakukan dengan baik, niscaya kalian akan menjadi orang-orang yang sukses di masa depan," kata Fadel Muhammad menambahkan.

Pada kesempatan itu, Fadel mengajak generasi muda, mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus penularan Covid -19. Terutama menyangkut protokol kesehatan, dan ikut dalam gerakan vaksinasi Covid-19.***

wwwwww