Home  /  Berita  /  Peristiwa

BUMD Jabar Bantah Rencana Kelola Blok Rokan Riau

BUMD Jabar Bantah Rencana Kelola Blok Rokan Riau
Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar Begin Troys. (Dok Humas MUJ)
Jum'at, 29 Januari 2021 17:35 WIB
JAKARTA - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni PT Migas Hulu Jabar (MUJ) membantah berita adanya rencana akan terlibat dalam pengelolaan migas di Blok Rokan, Riau.

"Tidak ada rencana MUJ akan mengelola Blok Rokan, Riau. Ini kami sampaikan sekaligus meluruskan pemberitaan tentang MUJ sebagai BUMD Jawa Barat akan mengelola operasional pengeboran minyak dan gas di wilayah kerja (WK) Blok Rokan, Riau," kata Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar Begin Troys dalam keterangan persnya, Kamis.

Begin menegaskan, keterlibatan perseroan melalui anak perusahaan Energi Negeri Mandiri (ENM) sebatas penguatan daya dukung dalam pengadaan "spare part atau bahan peralatan yang digunakan untuk refurbishment dan manufaktur rig beserta peralatan pendukung operasional lainnya yang dipesan oleh beberapa pelanggan PT Petrodrill Manufaktur Indonesia.

Begin menjelaskan kerjasama tersebut didasari dengan penandatanganan perjanjian antara PT ENM & PT Petrodrill Manufaktur pada 26 Oktober 2020 lalu, untuk memulai melaksanakan pekerjaan jasa penunjang energi yang selaras dengan bidang usaha MUJ selaku perusahaan induk.

"Kerjasama dengan Petrodrill sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman di bidang manufaktur menjadi jawaban ENM untuk berkontribusi dalam mendukung kelancaran pemenuhan kebutuhan energi nasional melalui kegiatan pengadaan RIG yang dikerjakan/diproduksi di Dawuan Jawa Barat. Juga akan turut berkontribusi dalam membangun Jawa Barat," kata Begin.

"Kami meluruskan dan memastikan bahwa tidak ada niat dan rencana korporasi untuk turut mengelola Blok Rokan," ucap Begin.

PTPetrodrill Manufaktur Indonesia juga turut memastikan pemberitaan yang beredar di media massa online tidak sepenuhnya benar.

Direktur Utama PT Petrodrill Manufaktur Indonesia Djoni Handoyo mengatakan, duduk peran Petrodrill yakni merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang design, refurbishment dan manufaktur rig beserta peralatan pendukung operasional lainnya dan telah memiliki sertifikasi API SPEC 4F, API SPEC 7K, API SPEC 8C dan API SPEC Q1 sebagai standard dalam melaksanakan pekerjaan.

"PT Petrodrill Manufaktur Indonesia dalam menjalankan usahanya yakni menjalin kerjasama dengan pihak Perbankan dan pihak lainnya, diantaranya adalah kerja sama dengan PT Energi Negeri Mandiri untuk penguatan daya dukung dalam pengadaan spare part atau bahan mentah atau peralatan yang digunakan dalam refurbishment dan manufaktur rig beserta peralatan pendukung operasional lainnya," kata Djoni.

Sehingga kerja sama antara Petrodrill dan ENM yang dilakukan pada Senin 26 Oktober 2020 lalu merupakan komitmen yang dijalin antara dua pihak untuk melaksanakan pekerjaan jasa penunjang energi secara nasional dengan langkah penyediaan manufaktur dan fasilitas pendukungnya.

MUJ merupakan perseroan daerah (Perseroda) yang seluruh sahamnya 100 persen dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:Antara
Kategori:Peristiwa, Ekonomi
GoSumbar.com Jika Chevron Sudah Angkat Kaki dari Blok Rokan, Herdianto Minta Pertamina Akomodir Pekerja Asli Riau
GoSumbar.com Komisi VII DPR Berikan Kesempatan Badan Usaha Milik LAM Riau untuk Ikut Kelola Blok Rokan
GoSumbar.com Soal Kericuhan Jelang Rapat dengan Komisi VII DPR, Datuk Syahril: Tempat Terbatas Sesuai Prokes Covid-19
GoSumbar.com Diperlakukan Tidak Adil saat Rapat Panja Migas DPR RI, Perwakilan LAM Riau Cemburu ke Datuk Syahril
GoSumbar.com Memaksa Masuk ke DPR, Datuk Jhon Dasa: Kami tak Percaya Perwakilan yang Sudah di Dalam!
GoSumbar.com Tak Dapat Akses Masuk ke Ruang Rapat, Sebagian Anggota LAM Riau Ngamuk di DPR
GoSumbar.com Sebaiknya Syahril Abu Bakar Mundur dari LAM Riau atau Batalkan Kelola Blok Rokan
GoSumbar.com Untuk Pasokan Listrik Blok Rokan, Pertamina Dapat Tawaran dari PLN
GoSumbar.com Gantikan CPI Kelola Blok Rokan, LaNyalla Minta SKK Migas dan PHR Libatkan Pemda
GoSumbar.com Komitmen Misharti Bawa Aspirasi Masyarakat Riau ke Pusat Melalui DPD RI
GoSumbar.com Anggota DPD Misharti: Blok Rokan Wajib Serap Tenaga Kerja Lokal
GoSumbar.com Selain DBH Riau Harus Dikaji Ulang, Anggota DPD Ini Berharap Putera Daerah jadi Operator di Blok Rokan
GoSumbar.com Edwin: Kita Harus Nyinyir Untuk Pengawasan Blok Rokan dan Kabut Asap Riau
GoSumbar.com Chevron Diminta Segera Ajukan Proposal Perpanjangan Blok Rokan Riau
GoSumbar.com Pemerintah Belum Pastikan Chevron Lanjutkan Pengelolaan Blok Rokan
GoSumbar.com Warga Sumbar Ternyata Sambut Baik Tol Padang - Pekanbaru Ruas Sicincin, Realisasi Pembanguman Lebih Panjang dari Lahan yang Dibebaskan
GoSumbar.com Lewati Tanah Pusaka dan Produktif, Tol Padang - Pekanbaru Ruas Sicincin Akhirnya Refocusing ke Tol Lainnya
GoSumbar.com Legislator PKS Sebut Potensi Pengembangan Wakaf Uang di Tanah Air Cukup Besar
wwwwww