Home  /  Berita  /  GoNews Group

Hetifah Dorong Menteri Sandi Bangun Kapasitas SDM Pariwitasa

Hetifah Dorong Menteri Sandi Bangun Kapasitas SDM Pariwitasa
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian dalam suatu kesempatan. (foto: ist.)
Selasa, 26 Januari 2021 16:29 WIB
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, memuji keseriusan Kemenparekraf RI dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sektor pariwisata. Keseriusan dilihat dari tidak adanya anggaran Unit Pelaksana Teknis Pendidikan.

"UPT Pendidikan merupakan anggaran terbesar di Kemenparekraf sebesar Rp1, 2 T, baik pada DIPA 2021 maupun setelah penghematan Kemenkeu, tidak ada pemotongan sama sekali. Ini menunjukkan Kemenparekraf serius dalam membangun kapasitas pelaku pariwisata," kata Hetifah yang merupakan Legislator Fraksi Partai Golkar dapil Kalimantan Timur itu, Selasa (26/1/2021).

Di Kalimantan Timur, kata Hetifah, dari 22 desa wisata yang ada masih banyak yang kekurangan SDM pariwisata yang mumpuni. Ia mendorong, agar kerjasama pelaku pariwisata dengan UPT Pendidikan dikuatkan guna mencetak SDM yang dapat turut membangun wisata di desanya masing-masing.

Selasa yang sama, Menteri Parekraf Sandiaga Uno dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI menyatakan, bahwa desa wisata harus stay local go global. Sandi menyinggung kesuksesan Rural Tourism (istilah Desa Wisata) di Kroasia yang pendapatannya sekitar Rp1.989 M, dan nilai tambahnya mencapai kisaran angka 40.13%.

Berbeda fokus penekanan dengan Hetifah, menurut Sandi, kerjasama antar kementerian/lembaga terkait merupakan hal penting untung mencapai kesuksesan desa wisata tersebut.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Ekonomi, Pemerintahan, Nasional, GoNews Group
wwwwww