Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pilkada Serentak 2020 Dinilai Sukses oleh Pihak Luar dan Dalam Negeri, Termasuk DPR

Pilkada Serentak 2020 Dinilai Sukses oleh Pihak Luar dan Dalam Negeri, Termasuk DPR
Suasana rapat evaluasi Pilkada 2020 yang dipimpin langsung oleh ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, di Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021). Turut hadir secara fisik dalam rapat tersebut, mendagri Tito Karnavian, sekjen dan jajaran dirjen, ketua dan anggota Bawaslu RI, KPU RI, ketua dan anggota DKPP secara lengkap. (foto: zul/gonews.co)
Selasa, 19 Januari 2021 16:45 WIB
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (mendagri), Tito Karnavian menyatakan, penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) terbilang sukses dan aman dari penyebaran Covid-19. Hal ini, ditandai dengan apresiasi dan pujian berbagai pihak, dari dalam dan luar negeri.

"Kita banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan, baik dari dalam negeri, yang tadinya khawatir, maupun dari luar negeri, dari beberapa duta besar. Mereka juga mengamati pelaksanaan Pilkada kita, dan hampir semuanya menyampaikan kepada saya, apresiasi untuk Indonesia yang bisa menyelenggarakan dengan aman, tertib," kata Tito dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI, KPU, Bawaslu dan DKPP, pada Selasa (19/01/2021).

Kesuksesan gelaran pilkada serentak 2020 tersebut, papar Tito, salah satunya karena pengaturan jam pemugutan suara bagi para pemilih. Tentu, dengan pengetatan penerapan protokol kesehatan yang didukung oleh setiap pemangku kepentingan.

Mungkin, ujar Tito, "ini dapat menjadi model bagi pemilu yang lain, pilkada atau pemilu nasional yang lain ke depan,".

Kesuksesan Pilkada 2020, menurut Tito, juga tercermin dari tingginya partisipasi pemilih. Kemendagri mencatat, partisipasi pemilih mencapai  76,09 persen, cukup baik jika dibandingkan dengan 96 negara di dunia yang melaksanakan hajatan serupa di masa pandemi.

Pandangan DPR RI

Gelaran rapat yang dipimpin langsung oleh ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia itu, diwarnai berbagai catatan dari anggota-anggota fraksi di Komisi II. KPU, Bawaslu, DKPP dan Kemendagri pun, telah menyampaikan tanggapan secara bergilir.

Rapat kemudian memutuskan, bahwa parlemen akan membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk menindak lanjuti catatan-catatan yang ada terkait dengan gelaran Pilkada 2020.

"Untuk jawaban yang belum disampaikan secara lisan, kami minta untuk disampaikan secara rinci, secara tertulis. Untuk kita lanjutkan di Panja," kata Doli.

Meski sejumlah catatan telah mengemuka, Doli mengatakan, komisinya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kemendagri, KPU, Bawaslu, DKPP, TNI, Satgas Covid-19, dan seluruh masyarakat Indonesia yan telah berperan dan berpartisipasi dalam penyelenggaran Pilkada 2020.

"Yang dapat dinilai sukses," kata Doli saat membacakan poin pertama kesimpulan rapat tersebut.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Politik, Nasional, GoNews Group
wwwwww