Home  /  Berita  /  Olahraga

IMI Dukung Kejurnas Sprint Rally 2021 di Sirkuit Badak Tanjung Lesung

IMI Dukung Kejurnas Sprint Rally 2021 di Sirkuit Badak Tanjung Lesung
Ketua Umum PP IMI, Bamsoet terima panitia Kejurnas Sprint Rally 2021.
Selasa, 19 Januari 2021 19:45 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), Bambang Soesatyo mendukung penyelenggaraan 3 dari total 6 balapan dalam ajang Kejuaraan Nasional Sprint Rally Open Championship 2021 di Sirkuit Badak Tanjung Lesung, Banten. Rencananya, kejurnas itu digelar 28 Maret, 12 September, dan 24 Oktober 2021.

"Berada di pinggir pantai Tanjung Lesung serta didukung bentangan alam yang eksotis, menjadikan Sirkuit Badak yang memiliki trek sekitar 5 Km dengan karakter gravel dan hanya sedikit area yang bermedan tarmac (aspal) ini sebagai salah satu sirkuit off road terbaik di Indonesia. Selain bisa digunakan untuk sprint rally, Sirkuit Badak juga bisa digunakan untuk rally cross, speed offroad, motor cross, drag, drift, carting, hingga safety driving course," ujar Bambang Soesatyo yang akrab dipanggil Bamsoet usai bertemu panitia Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Selasa (19/1/21).

Turut hadir antara lain Wakil Ketua Umum IMI Bidang Mobilitas Rifat Sungkar; dan VP Business Development Jababeka Ardiansyah Djafar.

Ketua MPR RI ini menilai keberadaan Sirkuit Badak yang dikembangkan Jababeka menjadikan Banten sebagai salah satu provinsi yang memiliki kawasan sport automitive tourism. Kawasan tersebut juga bisa dikembangkan menjadi motor sport city, dengan melengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti paddock, motor sport research and development workshop, hotel, hingga pusat industri modifikasi otomotif.

"Sebagai salah satu daerah yang ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai destinasi wisata unggulan dalam 10 Bali Baru, pengembangan Tanjung Lesung mendapatkan banyak prioritas dari pemerintah. Antara lain, Kementerian PUPR terus mengebut penyelesaian progres tol Serang-Panimbang yang sudah 84 persen. Ditargetkan tengah tahun ini sudah selesai," tandas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan, tol yang melintasi tiga kabupaten tersebut, yaitu Kabupaten Serang, Lebak, dan Pandeglang, berperan sentral terhadap penghubung menuju kawasan pariwisata di sekitar wilayah Banten. Seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon. Sekaligus memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan Jakarta-Merak.

"Dari sisi konektifitas, akan semakin memudahkan tim balap dari luar negeri yang datang dari Bandara Soekarno Hatta, maupun masyarakat Jabodetabek yang ingin menyaksikan balapan di Sirkuit Badak, sambil menikmati keindahan alam di Tanjung Lesung," terang Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, semakin banyak pihak swasta yang berkontribusi membangun sirkuit di berbagai daerah, seperti yang dilakukan Jababeka melalui Sirkuit Badak, akan semakin bagus bagi masa depan olahraga otomotif Indonesia. Sekaligus akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui multiplier effect ekonomi yang dihasilkan dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan di sirkuit tersebut.

"Melalui event olahraga otomotif, selain bisa mendorong pengembangan sektor pariwisata juga bisa mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Karena pengembangan sektor pariwisata akan berdampak pada peningkatan pelaku usaha UMKM di berbagai bidang seperti kerajinan, kuliner, fashion, hingga penginapan," pungkasnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/