Home  /  Berita  /  GoNews Group

Timnas U 19 Gagal Uji Coba, Rayana: Ke Spanyol Hanya Sewa Tempat

Timnas U 19 Gagal Uji Coba, Rayana: Ke Spanyol Hanya Sewa Tempat
Timnas U 19 saat dilepas Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.
Selasa, 12 Januari 2021 22:47 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Kegagalan Tim Nasional (Timnas) U 19 Indonesia melaksanakan laga uji coba yang telah dijadwalkan selama menjalani TC di Spanyol mendapat sorotan tajam. Pengamat sepakbola Rayana Djakasurya menyebut keberangkatan Garuda Muda ke negeri Matador itu hanya sebatas sewa tempat latihan saja.

"TC ke Spanyol itu kan sudah ada program laga uji coba. Harusnya semua program itu berjalan. Kalau hanya sekadar latihan dan internal game itu sama saja berangkat ke Spanyol untuk sewa tempat latihan saja," kata Rayana Djakasurya yang dihubungi Gonews.co Group, Selasa (12/1/2021).

Timnas U 19 Indonesia, kata mantan wartawan ini, tidak seharusnya melakukan TC di Spanyol yang dalam kondisi cuaca dingin. Apalagi, pertandingan kejuaran sepakbola Piala Dunia U 20 yang semua dijadwalkan digelar tahun 2021 itu dilaksanakan di Indonesia.

"Kalau di Korea Selatan dilaksanakan TC masih memungkinkan karena kondisi cuacanya tidak sedingin di Eropa. apalagi pertan dingan dilaksanakan di Indonesia yang cuacanya sangat panas," jelasnya.

Sebelumnya, PSSI sudah mengumumkan Timnas U 19 yang berangkat ke Spanyol 27 Desember lalu akan menjalani serangkaian uji coba selama TC. Yakni, melawan Gimnàstic Tarragona di Stadion Gimnàstic Tarragona (3/1/2021), Lleida Esportiu U-19 di Stadion CE Futbol Salou (5/1/2021), Sabadell U-19 di Stadion CE Futbol Salou (11/1/2021), Ceuta U-19 di Lapangan CE Futbol Salou (20/1/2021), dan Arab Saudi U-19 di Stadion CE Futbol Salou (27/1/2021). Namun, tak satupun jadwal laga uji coba itu terealisasi.

Yang mengejutkan lagi, David Maulana dan kawan-kawan akan kembali ke Indonesia lebih awal. Padahal, TC di Spanyol ditetapkan hingga 31 Januari 2021. "Kami memulangkan Timnas U-19 lebih cepat. Hal ini karena timnas U-19 tidak dapat menjalani pertandingan uji coba yang sudah direncanakan. Keputusan ini dilakukan usai kami berkomunikasi dengan Pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Dia menyebut bahwa tujuan PSSI mengirimkan timnas U-19 ke Spanyol untuk menjaga mental skuat Garuda Nusantara. Ia menegaskan PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain-pemain ini akan menjadi pemain timnas U-23 atau timnas senior nantinya.

"Semua uji coba tidak bisa dilaksanakan karena tidak mendapat izin dari pemerintah setempat karena Spanyol pandemi Covid-19'nya masih tinggi. Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol. PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar dapat TC di Spanyol," tambah pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut. ***

wwwwww