Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Ketua DPRD di Sumbar Digerebek Saat Berduaan dengan Sekretaris Pribadi di Kantor Tengah Malam
Peristiwa
23 jam yang lalu
Ketua DPRD di Sumbar Digerebek Saat Berduaan dengan Sekretaris Pribadi di Kantor Tengah Malam
2
Dubes China Salurkan Bantuan Sembako ke PBNU, Ini Harapan Said Aqil
Peristiwa
13 jam yang lalu
Dubes China Salurkan Bantuan Sembako ke PBNU, Ini Harapan Said Aqil
Home  /  Berita  /  Politik

Rapat Paripurna DPR 73 Anggota Hadir Secara Fisik dan 310 Anggota Hadir Melalui Virtual

Rapat Paripurna DPR 73 Anggota Hadir Secara Fisik dan 310 Anggota Hadir Melalui Virtual
Ilustrasi Sidang paripurna DPR. (Foto: Istimewa)
Senin, 11 Januari 2021 11:56 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Rapat Paripurna DPR RI pada Senin siang dihadiri sebanyak 384 anggota, terdiri atas 73 anggota hadir secara fisik dan 310 anggota secara virtual.

"Catatan Kesekjenan DPR RI, dari daftar hadir yang ditandatangani sebanyak 73 fisik dan 310 virtual, sehingga Rapat Paripurna DPR dihadiri 384 anggota DPR dari seluruh fraksi," kata Puan saat membuka Rapat Paripurna DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Dia mengatakan, penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan pembatasan kehadiran anggota DPR dalam Rapat Paripurna karena sampai awal tahun 2021 angka penyebaran Covid-19 belum menurun.

Selain itu, menurut dia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat pada 11-25 Januari 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Puan juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dan tanah longsor di Sumedang. "Semoga para korban dapat segera ditemukan dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran serta ketabahan," ujarnya.

Puan juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya dua anggota DPR RI yaitu Ali Taher Parasong dari Fraksi PAN dan Bambang Suryadi dari Fraksi PDI Perjuangan.

Selain itu, DPR RI kata Puan, juga mengapresiasi pemerintah yang telah bergerak cepat dalam menyediakan Vaksin Covid-19 teruji klinis bagi masyarakat. "Keberadaan vaksin merupakan upaya Pemerintah untuk menjalankan tujuan bernegara yaitu melindungi rakyat," tandasnya.

"DPR RI akan terus mengawasi persiapan dan pengadaan vaksin yang aman, teruji dan jika telah memiliki ijin dari BPOM serta sertifikasi halal dari MUI. Pemberian vaksin harus berjalan secara efektif, menyeluruh dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat," tukasnya.

Sekedar Informasi, pada masa sidang kali ini, DPR juga akan melakukan proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap:

A. 7 (tujuh) Calon Hakim Agung yang telah diusulkan oleh Komisi Yudisial, yakni 1 (satu) orang calon Hakim Agung dan 6 (enam) orang calon Hakim Ad Hoc.

B. 18 (delapan belas) Calon Anggota Ombudsman Republik Indonesia Masa Jabatan 2021-2026 yang telah diusulkan oleh Presiden.

Selain itu, DPR RI juga akan memberi pertimbangan terhadap Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Negara-Negara Sahabat.

Rapat Paripurna tersebut dihadiri secara fisik empat pimpinan DPR RI yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani, para Wakil Ketua DPR RI yaitu Azis Syamsuddin, Rachmat Gobel, dan Sufmi Dasco Ahmad.***

wwwwww