Home  /  Berita  /  Politik

Gus Jazil: Menurut Terawangan Saya, Bisa Jadi Benar Listyo Sigit Gantikan Idham Azis

Gus Jazil: Menurut Terawangan Saya, Bisa Jadi Benar Listyo Sigit Gantikan Idham Azis
Wakil Ketua MPR RI sekaligus Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid. (Foto: Istimewa)
Senin, 11 Januari 2021 13:13 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Terkait informasi penunjukan Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Calon Kapolri oleh Presiden Jokowi, Anggota Komisi III DPR, Jazilul Fawaid turut angkat bicara.

"Saya tidak tahu pastinya. Menurut terawangan saya, itu bisa jadi benar, sebab dari kepangkatan, prestasi dan track recordnya beliau (Sigit,red) sudah pantas," ujarnya kepada GoNews.co, Senin (11/1/2021).

Namun demikian, pria yang akrab disapa Gus Jazil itu, tetap akan menunggu keputusan resmi Presiden Jokowi. "Sekali lagi saya tidak bermaksud mendahului takdir dan kewenangan Presiden Jokowi. Mudah-mudahan apapun keputusan Presiden adalah yang terbaik bagi jajaran polri dan masyarakat," ungkap Wakil Ketua MPR RI itu.

Menurut Wakil Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, nama Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memang sudah masuk bursa Kompolnas dan telah diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kapolri yang bakal menggantikan Jenderal Idham Azis. "Intinya kita tunggu saja," tegasnya.

GoNews.co juga mencoba mengkonfirmasi ke sejumlah Anggota dan pimpinan Komisi III DPR. Namun tidak satupun dari mereka yang mengiyakan informasi itu. "Wah saya belum tahu," ujar Anggota Komisi III DPR Nabil Khaeron atau yang akrab disapa Gus Nabil saat dihubingi, Senin (11/1/2020).

Demikian juga dengan Ketua Komisi III DPR Herman Harry, Ia bahkan tidak menjawab telp dan pesan whatsapp. Sementara Anggota Komisi III DPR lainnya, Arsul Sani juga hanya menjawab singkat. "Wallahu'alam bishawab," jawabnya.

Sementara Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengaku belum mendapat informasi terkait penunjukkan Listyo Sigit sebagai Calon Kapolri Tunggal oleh Presiden Jokowi.

Menurut Neta, pemberitaan soal penunjukan Listyo Sigit sebagai calon Kapolri menggantikan posisi Idham Azis tidak benar. "Spekulasi wartawan itu Bang. Saya sudah cek ke Sekneg pada pukul 10.54 ternyata belum," ujar Neta saat dihubungi GoNews.co, Senin (11/1/2021).

"Sekali lagi hanya spekulasi dari teman-teman pers saja itu," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, nama Listyo Sigit Prabowo, bakal diajukan Presiden Jokowi ke Komisi lll DPR, Senin (11/1/2021) ini untuk diproses mengikuti Fit And Propper Test atau uji kelayakan.

Proses yang bakal dijalani Sigit, pertama adalah menerima kunjungan anggota Komisi lll, ke rumah kediaman dan melakukan wawancara dengan keluarga.

Setelah itu, kemungkinan hari Rabu, Sigit akan melakukan proses Uji Kepatutan dan Kelayakan (Fit and Propper Test) di DPR. Ia akan diminta program-program yang bakal dilakukan setelah ditetapkan dalam sidang paripurna DPR kemudian dilantik Presiden sebagai Kapolri.

Penunjukkan Listyo Sigit sebagai Kapolri, memang sudah diprediksi sebelumnya, karena kedekatan (chemistry) antara Listyo dengan Presiden Jokowi.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/