Home  /  Berita  /  Nasional

Beredar Foto Bayi Penumpang Sriwijaya Air Selamat, Ternyata Hoaks

Beredar Foto Bayi Penumpang Sriwijaya Air Selamat, Ternyata Hoaks
Foto bayi yang beredar di media sosial yang diberi narasi sebagai bayi yang selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182. Ternyata bayi ini penumpang KM Lestari Maju yang tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan pada Juli 2018. (republika.co.id)
Senin, 11 Januari 2021 09:31 WIB

JAKARTA -- Publik Tanah Air pada Ahad (10/1/2021) dihebohkan dengan beredarnya dua foto bayi yang dinarasikan sebagai penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021). Bayi itu disebut ditemukan dalam kondisi masih hidup.

Dalam foto itu, terlihat bayi telah dievakuasi oleh petugas berseragam TNI dan dua orang lainnya.

Narasi yang disematkan pada foto itu menyatakan bayi tersebut merupakan korban selamat peristiwa kecelakaan pesawat Sriwijaya Air dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak pada Sabtu (9/1/2021).

Berikut narasi lengkap dalam foto yang beredar di media sosial Twitter dan percakapan WhatsApp itu, seperti dikutip dari Republika.co.id yang melansir dari Antara:

''BASARNAS, SAR, dan Team gabungan Angkatan Laut Berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air sj 182. Atas kuasa Allah swt masih selamat.dan Terombang ambing selama 24 jam di lautan''

Namun, benarkah tim gabungan yang melakukan operasional penyelamatan di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki mengevakuasi bayi selamat seperti dalam foto itu?

Penjelasan: Foto sosok bayi yang diklaim sebagai korban selamat peristiwa kecelakaan pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 itu merupakan hoaks.

Penelusuran Antara, bayi dalam foto yang beredar tersebut merupakan bayi yang selamat dari kapal KM Lestari Maju yang tenggalam di Perairan Selayar Sulawesi Selatan pada Juli 2018.

Sebelumnya, foto bayi selamat kapal KM Lestari Maju itu juga sempat muncul dan menjadi hoaks setelah peristiwa kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 pada Oktober 2018.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Peristiwa, Nasional
wwwwww