Home  /  Berita  /  Sumatera Barat

GG PAN: Komisi II akan Jadwalkan Rapat Evaluasi Pilkada, Bahas Masalah Ini...

GG PAN: Komisi II akan Jadwalkan Rapat Evaluasi Pilkada, Bahas Masalah Ini...
Anggota Komisi II fraksi PAN DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat (Sumbar) II, Guspardi Gaus dalam rapat koordinasi kesiapan pilkada 2020 di Padang, Agustus lalu. (foto: istimewa)
Selasa, 05 Januari 2021 15:02 WIB

JAKARTA - Anggota Komisi II fraksi PAN DPR RI, Guspardi Gaus menyatakan, Komisinya akan menjadwalkan rapat evaluasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 usai gelaran rapat paripurna pembukaan masa sidang 11 Januari 2021.

Secara umum, menurut Guspardi, pilkada serentak 2020 sukses dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dengan partisipasi pemilih mencapai 75,83 persen. Tingkat partisipasi ini lebih tinggi tidak hanya dari pilkada-pilkada sebelumnya seperti pilkada 2017 yang mencapai partisipasi pemilih 74,5 persen, tapi juga dari pemilihan umum di Amerika Serikat 3 November lalu yang tingkat partisipasinya hanya mencapai 66 persen.

"Apakah partisipasi masyarakat pemilih yang tinggi tersebut telah diimbangi dengan edukasi dan kesadaran politik masyarakat," kata Guspardi kepada GoNews.co tertulis, Selasa (5/1/2021).

Selain itu, kata Guspardi, dalam rapat nanti pihaknya juga akan membahas berbagai masalah lainnya, "seperti politik uang hingga penyalahgunaan kekuasaan calon dari unsur petahana,".

"Kita ingin memastikan kepala daerah yang terpilih memiliki legitimasi atau sesuai dengan kehendak rakyat. Itu sudah menjadi tanggungjawab kami di Komisi II," kata Guspardi.

Guspardi yang juga duduk di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu melanjutkan, meski rapat evaluasi pilkada akan dilakukan sebagai suatu keharusan bagi dewan, patut diakui bahwa kesuksesan pilkada secara umum itu, tak hanya tercermin dari tingginya tingkat partisipasi pemilih. Tak munculnya klaster baru Covid-19, juga merupakan catatan positif.

"Pada awalnya tidak sedikit kalangan yang skeptis terhadap penyelenggaraan pilkada serentak dan menyarankan penundan. Dan alhamdulillah, kekhawatiran berbagai pihak bahwa pelaksanaan pilkada serentak akan menimbulkan klaster baru Covid-19 tidak terjadi," ujar politisi PAN yang disapa GG ini.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Politik, Nasional, GoNews Group, Sumatera Barat
wwwwww