Home  /  Berita  /  GoNews Group

WNI Usia Pelajar dalam Parodi 'Indonesia Raya', KPAI Singgung Nasionalisme

WNI Usia Pelajar dalam Parodi Indonesia Raya, KPAI Singgung Nasionalisme
Ilustrasi membuang sampah pada tempatnya sebagai bagian dari perilaku yang mencerminkan nasionalisme. (gambar: tangkapan layar video kemendikbud)
Sabtu, 02 Januari 2021 13:04 WIB

JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan terjadinya parodi lagu 'Indonesia Raya' yang diduga dilakukan oleh warga negara Indonesia (WNI) yang masih berstatus pelajar.

"Sangat disayangkan adanya seorang WNI masih anak-anak yang mempermainkan dan melecehkan lagu kebangsaan negaranya sendiri," kata komisioner bidang Pornografi dan Cyber Crime KPAI Margaret Aliyatul kepada wartawan kemarin, dikutip dari detik.com Sabtu (2/1/2021).

Menurut Margaret, peristiwa ini menunjukkan bukti lemahnya rasa nasionalisme dan cinta kepada tanah air di diri terduga pelaku.

"Untuk itu, penting adanya upaya-upaya penguatan rasa cinta tanah air dengan berbagai strategi sejak masa anak-anak," tandas Margaret.

Mengutip video berjudul '3 Bentuk Nasionalisme terhadap Negara' yang diterbitkan secara daring oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada 11 November 2017 silam, nasionalisme dapat diwujudkan dalam 3 perilaku yakni; toleransi; menjaga lingkungan; dan taat peraturan.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Hukum, Pendidikan, Politik, Nasional, GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77