Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Percepatan Perbaikan Ekonomi saat Pandemi, Pemko Padang Panjang Salurkan Bantuan Peralatan Usaha

Percepatan Perbaikan Ekonomi saat Pandemi, Pemko Padang Panjang Salurkan Bantuan Peralatan Usaha
Percepatan Perbaikan Ekonomi saat Pandemi, Pemko Padang Panjang Salurkan Bantuan Peralatan Usaha di Balaikota Padang Panjang, Rabu 30 Desember 2020.(doc kmfo pdpj)
Rabu, 30 Desember 2020 22:02 WIB
Penulis: Jontra
PADANG PANJANG - Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang mengucurkan bantuan pemulihan ekonomi di masa pandemi. Setelah sebelumnya menyalurkan Bansos Tahap 5 dan permodalan UMKM. Bantuan peralatan untuk pelaku usaha diserahkan Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, didampingi Wakil Walikota, Drs. Asrul di halaman Balaikota, Rabu 30 Desember 2020.

Dalam kesempatan itu Fadly Amran menyampaikan, yang diserahkan hari ini adalah bentuk stimulus agar seluruh pelaku usaha dapat bangkit dan maju. "Bantuan ini ada untuk mendorong bapak dan ibu semuanya bangkit. Dengan memanfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin, semoga dapat mengembangkan usaha, meningkatkan omzet, memiliki karyawan, dan memulihkan ekonomi di masa pandemi," ujarnya.

Bantuan peralatan ini disalurkan dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Perdakop UKM), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta Dinas Pangan dan Pertanian (DPP).

Untuk pelaku usaha perdagangan, Kadis Perdakop UKM, Arpan mengatakan, sebagai bentuk apresiasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) kepada Padang Panjang diberikan bantuan gerobak 49 unit, etalase 50 unit dan rombong motor 10 unit kepada pelaku usaha di daerah ini.

"Kemendag memandang Pemko Padang Panjang peduli terhadap UMKM. Di samping itu, beberapa bulan lalu walikota menjadi narasumber di Nasional Tembang Indah dan mendapatkan penghargaan dari Dirjen atas kepedulian terhadap Metrologi. Sehingga usulan dari Disperdakop UKM yang hanya gerobak dan etalase, tetapi Kemendag memberikan reward rombong motor untuk Padang Panjang. Selain itu, melihat Pasar Pusat Padang Panjang yang mulai maju, Dinas Perindag Provinsi Sumbar memberikan 5 unit wastafel," ungkap Arpan.

Sedangkan untuk sarana usaha, DPMPTSP bekerja sama dengan dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) mendapatkan bantuan berupa peralatan usaha 60 unit yang diberikan kepada peserta pelatihan tenaga kerja mandiri yang sudah dilatih.

Pemko melalui DPP memberikan 2 unit traktor, 4 unit kultivator, bantuan budidaya ikan untuk 2 kelompok dan bantuan sarana peternakan bagi 7 kelompok serta bantuan alat mesin pertanian dan sarana peternakan.(**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/