Home  /  Berita  /  GoNews Group

Kalahkan Port Vale, Des Walker: Tim Garuda Select Tampil Luar Biasa

Kalahkan Port Vale, Des Walker: Tim Garuda Select Tampil Luar Biasa
Rabu, 23 Desember 2020 22:18 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Garuda Select menghadapi pertandingan perdana di musim ketiga pada Selasa (22/12/2020). Lawan yang dihadapi tim asuhan duet pelatih Dennis Wise dan Des Walker tersebut adalah Port Vale U-18. Loughborough University Stadium menjadi venue pada pertandingan kali ini. Stadion yang terletak di Leicestershire ini digunakan oleh Garuda Select pada musim ketiga setelah pada dua musim sebelumnya bermarkas di Birmingham.

Port Vale U-18 diasuh oleh eks pemain Chelsea, Frank Sinclair. Tim yang berdiri sejak tahun 1876 ini punya sejarah panjang di sepak bola Inggris dengan koleksi dua gelar kompetisi League 2. Port Vale U-18 sendiri berkiprah di Football League Youth Alliance atau kasta kedua U-18 Professional Development League. Menghadapi Port Vale U-18 persiapan Garuda Select belum maksimal.

Setelah tiba di Inggris, Rafli Asrul dan kawan-kawan harus menjalani karantina dan baru berlatih di lapangan sejak 15 Desember atau seminggu sebelum pertandingan. Namun, Garuda Select tampil ngotot dan gigih di hari pertandingan. Melawan Port Vale U-18 yang berpostur lebih besar perlawanan diberikan oleh Garuda Select. Hebatnya sempat tertinggal 0-1 lewat gol Logan Stinton, Garuda Select menyamakan kedudukan berkat gol I Putu Dipa Yogi Arta.

"Kami berusaha untuk bisa mengimbangi permainan mereka. Saya merasa bangga bisa mencetak gol di Inggris dan semoga bisa mencetak gol lagi. Awalnya Cukup tegang karena ini pertandingan pertama kami. Bermain imbang melawan lawan yang besar-besar merupakan hasil yang kami syukuri," ucap Dipa seusai pertandingan.

Sementara itu, Des Walker merasa puas dengan permainan anak asuhnya. Menurutnya, skuad Garuda Select tampil luar biasa di tengah persiapan yang tak optimal.

"Saya puas dengan hasil imbang ini mengingat para pemain yang ada sekarang baru tiba dua minggu di Inggris dan belum mendapatkan durasi latihan yang cukup,"ujar Walker. Performa Garuda Select turut mendapat pujian dari legenda Aston Villa, Lee Hendrie yang menjadi komentator pertandingan di laga kontra Port Vale U-18.

"Garuda Select memulai babak kedua dengan baik dan menunjukkan kualitas permainannya. Pasti ada tekanan besar untuk pemain muda ketika menjalani pertandingan pertamanya, tapi mereka terus menyerang pertahanan Port Vale dan saya memberikan kredit keberhasilan mereka menyamakan kedudukan setelah sempat tertinggal. Semangat para pemain tidak turun dan menurut saya Dennis dan Des sangat puas," jelas Hendrie.

Garuda Select merupakan program pelatihan sepak bola kerja sama PSSI dengan Mola TV untuk mencari pemain berbakat Indonesia. Meski bukan yang pertama menjadi program yang mengirim pemain ke luar negeri, program Garuda Select ini lebih sistematis baik dari proses seleksi hingga proses pelatihannya.

Program ini juga tidak membentuk tim tapi lebih mengembangkan pemain muda untuk mengenyam berbagai ilmu sepak bola. Sehingga para pesepakbola Indonesia memiliki peluang yang besar untuk bisa berkompetisi di Eropa dan berimbas dengan prestasi tim nasional Indonesia pada kancah sepak bola Internasional.

Cuplikan dan tayangan ulang pertandingan Garuda Select melawan Port Vale U-18 bisa disaksikan di Mola TV. Ikuti perkembangan Rafli Asrul dan kawan-kawan setiap pekannya lewat serial Dream Chasers, eksklusif di Mola TV.

Line-up Garuda Select Babak I: Adre Arido Geovani; Daniel Naa, Ibnul Mubarak, Muhammad Faqih, Edgard Amping; Fernando, Rendi Sanjaya Putra; Ridwan Ansori, Ridho Syuhada Putra, Krisna Sulistia; Wahyu Agung.

Line-up Garuda Select Babak II: I Gede Aditya Juli Antara; Daniel Naa (Roki 70'), I Putu Dipa Yogi Arta, Dustin Pratama, Edgard Amping; Noval Junior, Elia, Frezy; Rafli Asrul; Hokky Caraka, Lorenzo. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/