Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Alami Bermitra dengan 4 Mensos, Dirjen Dukcapil Sambut Baik Niatan Risma

Alami Bermitra dengan 4 Mensos, Dirjen Dukcapil Sambut Baik Niatan Risma
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah saat memaparkan sejarah dan capaian Big Data Dukcapil secara virtual beberapa waktu lalu. (gambar: tangkapan layar)
Rabu, 23 Desember 2020 09:43 WIB

JAKARTA - Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah memastikan Dukcapil akan terus mendampingi dan bersinergi dengan Kemensos untuk mewujudkan DTKS yang tepat dan akurat.

"Sinergi ini sudah lama dilakukan antara Dukcapil dengan Kemensos sejak masih menggunakan istilah basis data terpadu (BDT) yang dikerjakan bersama Kemensos dan TNP2K. Saya sebagai Dirjen Dukcapil sudah melayani pendampingan ini sejak lama, yaitu mensos Bu Kofifah, Pak Idrus Marham, Pak Agus Gumiwang, Pak Juliari Batubara dan Bu Risma," kata Zudan kepada GoNews.co, Rabu (23/12/2020).

Zudan melanjutkan, sejauh ini perkembangan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah sangat baik. "Yaitu dengan diintegrasikannya DTKS tersebut dengan NIK. Semua penerima program Bansos wajib menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan),".

Sebelumnya, Selasa (22/12/2020), kader PDIP Tri Rismaharini yang dipilih presiden Jokowi menjadi mensos menggantikan Juliari, menyatakan akan membenahi data dengan melibatkan Dukcapil.

Risma menyatakan, Kementerian Sosial yang akan dipimpinnya nanti akan melakukan 3 program kerja utama yakni; perbaikan data dengan melibatkan Dukcapil; pemberdayaan masyarakat; dan penguatan kolaborasi lintas kementerian/instansi.

Sebagai tambahan informasi, rencananya Risma akan dilantik sebagai mensos hari ini di Istana Negara, Jakarta. Selain Risma sejumlah calon menteri, calon wakil menteri, dan pejabat lainnya juga dijadwalkan untuk dilantik.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Nasional, Politik, Pemerintahan
wwwwww